6 Tanaman Hias Ini Cantik dan Bisa Mengusir Stres

Tim Editor

Tanaman Hias (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

ERA.id - Sejumlah studi menemukan terdapat manfaat psikologis dari menanam tanaman hias di dalam rumah. Orang yang menanam tanaman di rumah cenderung tidak stres, depresi, memiliki pandangan hidup yang positif, lebih bahagia dan produktif.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang dikenal membangkitkan energi positif di dalam rumah apabila kita menanamnya. Beberapa tanaman hias ini membantumu melawan depresi bila kita menanamnya di dalam rumah. Dilansir dari Gardening Know How pada Kamis (7/1/2021), berikut ini beberapa tanaman hias yang dipercaya menambah energi positif di dalam rumah.

1. Jasmine

Free stock photo of jasmine, jasmine flower, summer

Jasmine (Foto: Pexels/Tina Jegermane)

Jika kamu merasa stres, aroma manis melati akan menenangkanmu dan membantu membersihkan energi negatif. Jendela cerah paling baik untuk melati. Bunga-bunganya yang putih, cantik, dan aromanya yang segar, turut menambah energi positif jika diletakkan di dalam rumah. Suhu malam hari yang sejuk akan memicu perkembangan bunga.

2. Anggrek 

Tanaman hias ini dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Aroma yang dikeluarkan bunga anggrek adalah dapat menyenangkan suasana hati dan mood.  

3. Rosemary

closeup photo of purple petaled flowers

Rosemary (Foto: Unsplash/Paul Hanaoka)

Rosemary bisa meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik serta rasa kedamaian batin. Hal ini karena wangi bunganya yang khas dan perawatan yang mudah. Rosemary membutuhkan sinar matahari penuh dan membuat udara rumah menjadi sangat baik.

4. Bambu keberuntungan

Bambu keriting atau bambu keberuntungan adalah tanaman kuno yang dapat meningkatkan aliran oksigen di dalam rumah sekaligus menangkal emosi negatif seperti kecemburuan dan kemarahan. Tanaman dengan perawatan minim ini tumbuh subur apabila diletakkan dalam cahaya redup. 

5. Money Plant

Free stock photo of money plant

Money Plant (Foto: Pexels/Praveen PA)

Money Plant atau Sirih Gading diburu karena bentuknya yang menarik. Daunnya seperti payung dan batang tebal yang dikepang. Money Plant ini dapat mengurangi kecemasan, membawa keberuntungan, kemakmuran dan menangkal stres. Tanaman ini membutuhkan sedikit perawatan, tetapi daunnya bisa terbakar apabila ditaruh di bawah sinar matahari.

6. Lavender

Lavender sering diletakkan di dalam kamar tidur. Aromanya yang kuat dan khas dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi. Tanaman Hias satu ini membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik dan tumbuh dengan baik di pot tanah liat berpori.

Tag: Tanaman Hias

Bagikan: