Memberikan Energi Positif, Cara Memilih Warna Cat Dapur Rumah Minimalis Menurut Feng Shui

| 10 Feb 2021 08:00
Memberikan Energi Positif, Cara Memilih Warna Cat Dapur Rumah Minimalis Menurut Feng Shui
Dapur (Foto: Pexels/Mark McCammon)

ERA.idFeng shui dipercaya dapat memberikan energi positif dalam sebuah ruangan, termasuk di area dapur. Terkadang, pemilihan warna cat dapur bisa menjadi bahan diskusi panjang dalam sebuah keluarga. Nyatanya, pemilihan warna memang sangat penting untuk rumah minimalis. 

Buat kamu yang berencana mempercantik dapur dan mengganti warna warna dinding, ada panduan memilih cat yang baik menurut feng shui. Dilansir dari The Spruce pada Rabu (10/2/2021), berikut 5 cara memilih warna cat dapur rumah minimalis menurut feng shui.

1. Timur: Kesehatan dan Keluarga

white wooden table near white wooden framed glass window

Dapur (Foto: Unsplash/Callum Hill)

Menurut feng shui, apabila kamu memiliki dapur yang menghadap ke Timur, itu berarti area tersebut memiliki tanggung jawab atas energi kesehatan dan keluarga. Elemen yang paling dominan adalah kayu, bisa diwujudkan dengan warna cokelat dan hijau.

Kamu bisa menambahkan warna dengan elemen air dan tanah, karena keduanya menyehatkan kayu. Namun, ada beberapa warna yang harus dibatasi. Warna tersebut adalah merah, jingga, ungu, kuning, dan abu-abu. Menambahkan beberapa dekorasi seperti gambar tanaman, kayu, dan cermin bisa membuat dapur lebih hidup.

2. Selatan: Ketenaran dan Reputasi

Dapur yang menghadap ke arah selatan dapat menggunakan semua warna cerah yang menyenangkan hati. Menurut feng shui, dapur yang menghadap ke selatan berarti berhubungan dengan ketenaran dan reputasi. Maka dari itu, elemen utama dari dapur adalah api.

Warna utama yang dipilih untuk dapur yang menghadap ke selatan adalah merah, oranye, kuning, merah muda, magenta, ungu. Sedangkan, warna yang harus dihindari adalah kuning dan abu-abu. Kamu bisa menambahkan warna cokelat, hijau, hitam dan biru. Kamu bisa juga tambahkan tanaman warna merah.

3. Barat Daya: Cinta dan Pernikahan

brown and beige kitchen interior

Dapur (Foto: Unsplash/Francesca Tosolini)

Dapur yang menghadap arah barat daya membutuhkan energi elemen tanah yang kuat. Selain itu, energi ini melambangkan cinta, dukungan, dan makanan secara keseluruhan. Hal ini biasanya disebut dengan cinta dan pernikahan. 

Warna utama yang digunakan pada dapur adalah kuning mentega, beige, dan sandy. Kamu bisa menambahkan warna merah, oranye, pink, magenta, dan ungu. Namun, kamu perlu membatasi penggunaan warna biru, hitam, hijau dan abu-abu. Menambahkan gambar dinding seperti danau, lautan dan yang melambangkan energi air sebaiknya dibatasi.

4. Barat: Anak-anak dan Kreativitas

Jika dapurmu menghadap ke arah barat, maka area ini berhubungan dengan anak-anak dan kreativitas. Dapur membutuhkan energi yang melambangkan logam kuat agar dapat berkembang. Elemen api harus dihindarkan karena bisa melelehkan logam.

Warna utama yang sebaiknya digunakan adalah putih dan abu-abu. Kamu bisa menambahkan sedikit warna beige dan kuning muda. Warna yang dihindari adalah merah, oranye, kuning, merah muda, magenta dan ungu. Sedangkan, dekorasi menggunakan mangkuk logam, pot terakota, tembikar, berbagai barang dari gerabah akan menghidupkan dapur dan memberikan energi positif.

5. Utara: Karir dan Jalan dalam Kehidupan

white and brown wooden kitchen cabinet

Dapur (Foto: Unsplash/Sidekix Media)

Dapur yang menghadap ke arah utara erat hubungannya dengan karir dan jalan kehidupan. Dapur ini menghadap ke utara membutuhkan energi elemen air. Elemen logam juga bisa membantu.

Warna utama yang direkomendasikan dari elemen air adalah hitam dan biru. Warna logam seperti putih dan abu-abu juga sangat disarankan untuk dijadikan cat dapur. Namun, elemen api dan kayu harus dihindari. Begitu pula dengan warna merah, oranye, magenta, ungu, dan hijau. Jika kamu ingin tambahkan cermin, sebaiknya gunakan cermin yang berbentuk bulat.

Rekomendasi