Profil dan Fakta Nissa Sabyan, Penyanyi Religi yang Dituduh Pelakor

Tim Editor

Nissa Sabyan (Instagram)

ERA.id - Vokalis grup musik religi Sabyan Gambus, Nissa Sabyan tengah jadi pembicaran hangat di media sosial. Nissa Sabyan dituding jadi pelakor alias perusak rumah tangga orang. 

Nama Nissa Sabyan dikaitkan sebagai pelakor dalam rumah tangga kerabatnya sendiri, Ahmad Fairuz alias Ayus yang tak lain adalah kibordis grup musiknya sendiri. 

Dara kelahiran Lumajang, 23 Mei 1999 itu bernama asli Khoirunnisa. Ia resmi bergabung dengan Ahmad Fairuz (Ayus) sebagai vokalis di band pernikahan. 

Nissa begitu sapaan akrabnya mulai menyukai musik-musik berbahasa Arab sejak masih belia. Uniknya, sebelum mulai nyanyi musik gambus, Nissa lebih dulu nyanyi lagu dangdut. 

“Pernah nyanyi dangdut dulu sebelum gambus,” kata Nissa Sabyan, dikutip dari kanal YouTube Trans7 Official, Rabu (17/2/2021). 

Dengan bekal dan kecintaannya dengan dunia tarik suara, Nissa pun sering tampil menyanyi di berbagai acara.

Hingga suatu hari Nissa dipertemukan dengan Ayus, Kamal, dan juga Owan yang sudah punya grup namun belum punya vokalis tetap. 

“Itu hari pertama kalinya Nissa belajar gambus. Akhirnya ketemu mereka terus teman-teman ngajak ‘yaudah ayo gimana nyanyinya bareng Sabyan’,” ungkap Nissa. 

Sayangnya setelah dapat tawaran gabung Nissa tidak langsung diterima begitu saja. Ia harus bisa beradaptasi dan bisa menyanyikan berbagai genre lagu selain gambus. 

Menurut Nissa, ia butuh waktu selama enam bulan menjalani masa percobaan tanpa kepastian. Padahal saat itu dara 21 tahun itu sudah menaruh harapan besar dengan grup musik Sabyan. 

“Iya (ngarep) karena waktu itu Nissa pengen banget punya grup. ‘Yaudah deh ayo selama enam bulan’. Yaudah jalan eh akhirnya yaudah (gabung),” kenang Nissa. 

Sekadar informasi, sebelum bergabung dengan Sabyan Nissa merupakan seorang siswa jurusan otomotif dan elektronik kelistrikan. 

Ia mengenyam pendidikan di di salah satu sekolah tinggi negeri di Jakarta. Sementara itu masa kecil Nissa dihabiskan di kota Bandung, Jawa Barat.

Karier Bersama Sabyan Gambus

Tahun 2015 menjadi titik puncak dari karier Nissa bersama Sabyan. Ia resmi bergabung dan melenggang sebagai penyanyi utama. 

Saat awal berkarier, Sabyan memiliki dua vokalis wanita, yaitu Nissa dan Anisa Rahman. Lalu, Ahmad Fairuz alias Ayus (kiboardis), Sofwan Yusuf alias Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), dan Tubagus Syaifullah alias Tebe (biola).

Semasa awal berkarier, Sabyan lebih dulu tampil dengan membawakan lagu-lagu musisi lain, seperti “Aisyah Istri Rasulullah”. Lagu cover itu bahkan viral dan membuat nama Nissa dan Sabyan naik daun. 

Tahun 2018, Sabyan akhirnya merilis lagu perdana mereka berjudul “Ya Maulana”. Beberapa lagu yang juga turut dinyanyikan oleh Nissa bersama Sabyan diantaranya “Ya Jamalu”, “Deen Assalam”, “Ya Habibal Qolbi”, “Assalamualaika ya Rasulullah”, “Asyiqol Musthofa”, dan masih banyak lagi. 

Selain sebagai musisi, Nissa juga dikenal sebagai influencer muslimah yang kerap tampil modis dengan gaya hijab yang trendi. 

Melalui Instagramnya, Nissa juga sering menerima tawaran endorsemen dari berbagai produk hingga brand ternama. Saat ini Instagram Nissa sudah diikuti oleh 16.6 juta penggemar. 

Kini penyanyi cantik berwajah imut itu sedang diterpa gosip menjadi pelakor di rumah tangga Ayus dan Ririe. 

Tag: nissa sabyan sabyan gambus nissa sabyan pelakor Ayus Sabyan

Bagikan: