Sudah Terima Vaksin, Pangeran Philip Masuk Rumah Sakit, Istana Bantah Kena Covid-19

Tim Editor

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip (Instagram @theroyalfamily)

ERA.id - Kabar mengejutkan datang dari Istana Kerajaan Inggris. Pangeran Philip dilarikan ke rumah sakit akibat infeksi namun membantah terpapar Covid-19.

Pada Selasa (23/2/2021) pihak Istana mengabarkan kakek dari Pangeran William itu dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Pangeran Philip mengalami infeksi dan harus dirawat selama beberapa hari ke depan. 

“Duke of Edinburgh tetap di Rumah Sakit King Edward VII di mana dia menerima perawatan medis untuk infeksi,” kata staf Istana Kerajaan, dikutip CNN, Rabu (24/2/2021). 

Pangeran Philip dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluhkan tubuhnya yang tak enak badan. Selama di rumah sakit, Istana Buckingham mengklaim Pangeran Philip berada di bawah pengawasan ketat. 

Menanggapi berita ini, Pangeran William pun memberikan pernyataannya. Menurutnya saat ini kakeknya baik-baik saja dan menjalani perawatan intensif. 

Begitu juga dengan putra bungsu Pangeran Philip, Pangeran Edward. Ia mengatakan kakeknya sudah jauh lebih baik dan menantikan hari keluarnya dari rumah sakit. 

“Dia sangat menantikan untuk keluar, yang merupakan hal paling positif, jadi kami tetap berharap,” ungkap Pangeran Edward ke Sky News Inggris. 

Pangeran Philip yang akan berulang tahun ke-100 di bulan Juni sebelumnya sudah menerima vaksin Covid-19 bersama Ratu Elizabeth II. Keduanya menerima vaksin pada bulan Januari 2021. 

Duke of Edinburgh sebelumnya juga pernah dilarikan ke rumah sakit dengan berbagai gejala. Ia menerima perawatan untuk berbagai kondisi kesehatan selama bertahun-tahun, termasuk arteri koroner yang tersumbat pada tahun 2011, infeksi kandung kemih pada tahun 2012, dan operasi eksplorasi pada perutnya pada Juni 2013.

Sejak tahun 2017, Pangeran Philip memilih untuk pensiun dari tugas kerajaan dan mendapat dukungan dari Ratu Elizabeth II. Saat menjalani tugasnya di kerajaan, ia telah menghadiri lebih dari 22.000 acara dan memberikan lebih dari 5.000 pidato.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II memilih untuk menghabiskan sebagian besar tahun lalu di Kastil Windsor, setelah pindah dari Istana Buckingham selama gelombang pertama pandemi Covid-19 pada musim semi 2020.

Lebih lanjut, pihak Istana Buckingham membantah tegas Pangeran Philip jatuh sakit akibat terpapar Covid-19. 

Tag: kerajaan inggris covid-19 Pangeran Philip

Bagikan: