Simulasi Honor Manggung Cita Citata yang Disebut dari Hasil Korupsi Bansos Covid-19

| 10 Mar 2021 12:45
Simulasi Honor Manggung Cita Citata yang Disebut dari Hasil Korupsi Bansos Covid-19
Cita Citata (Instagram @cita_citata)

ERA.id - Pada Selasa (9/3/2021), nama Cita Citata ramai dibicarakan terkait dirinya yang diduga keciptratan dana korupsi bansos yang dilakukan oleh mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara. Cita Citata diduga menerima uang sebesar 150 juta untuk bayaran ia manggung pada suatu acara di Labuan Bajo.

Menanggapi dirinya yang dituduh ikut dalam korupsi bansos, Cita Citata pun membantah tegas hal itu. Untuk memberikan pembuktian dirinya tak tahu asal uang tersebut, Cita bahkan menjelaskan langkah-langkah pemanggilan artis atau penyanyi untuk mengisi suatu acara.

Pedangdut berusia 26 tahun itu mengatakan untuk memanggil seorang artis tentunya melewati beberapa tahapan, dan tidak langsung orang yang buat acara yang mengurusnya. Semua acara besar pasti diurus oleh event organizer (EO), dan EO adalah pihak yang menghubungi sang artis.

Berikut simulasi honor manggung versi Cita Citata yang dirilis di Instagram pribadinya.

1. Skema pemanggilan artis

"Ini saya kasih simulasi skema pemanggilan artis/ penyanyi. Si yang punya uang memilih EO (event organizer) untuk mengatur semua acaranya. Kemudian si EO mencari beberapa pengisi acara, mulai dari (MC, band , sampai penyanyi). Lalu pihak EO menghubungi manajer si artis, lalu dealing lah harga. Harga ini bisa tidak sama dengan harga kontrak karena terdapat beberapa kebutuhan (transport, uang fee EO, raiders, dll)," kata Cita Citata lewat unggahan di Instagram pribadinya.

2. Kontrak kerja sama

Cita Citata juga menambahkan bahwa ketika penandatanganan kontrak kerja sama, artis yaitu dirinya sendiri dalam hal ini hanya berhubungan dengan EO. Dalam kontrak juga hanya tertera nama artis dan EO, tidak mengikutsertakan nama orang yang akan membayarnya.

"Setelah dapat harga/ deal bersama manager, management artis akan membuat kontrak kerja yang tertera nama EO pemanggil dan management artis. Dan memang di kontrak juga tidak akan menanyakan dari mana si uang itu berasal," lanjut Cita Citata.

3. Pelaksaan tugas

Setelah kontrak disetujui, sang artis akan datang ke tempat acara sesuai jadwal dan akan melaksanakan tuganya yang sudah disepakati. Cita mengungkapkan melalui skema pemanggilan tersebut, tampak jelas bahwa sang artis tidak tahu sama sekali dari mana uang bayarannya berasal. 

4. Kesimpulan

"Kesimpulannya untuk menuju ke artisnya aja banyak layer atau step by step-nya. Jadi artis ngga akan tau uang dari mana si yang punya uang ini," tutup Cita Citata. 

Rekomendasi