Beri Pesan untuk Sang Kakak Mengidap Hipospadias, Aprilia Manganang: Jangan Takut, Berani Saja

| 19 Mar 2021 20:45
Beri Pesan untuk Sang Kakak Mengidap Hipospadias, Aprilia Manganang: Jangan Takut, Berani Saja
Aprilia Manganang alias Aprilio Perkasa Manganang (Dok. Era.id/Angga)

ERA.id - Aprilia Manganang kini sudah resmi menjadi seorang pria. Selain itu, Pengadilan Negeri Tondano juga telah mengabulkan permohonan penggantian nama Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Aprilia Manganang terlahir sebagai pria dan mengidap penyakit hipospadias. Sehingga, Tak hanya Aprilia Manganang, kakaknya Amasya Manganang juga mengidap penyakit yang serupa. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jendral Andika Perkasa.

"Kakaknya Masya juga mengalami hal yg sama hipospdia, kini Masya lebih berani karena dia yg sudah memulai. Tadi (Amasya) baru mengeluarkan isi hatinya, 'pak kalau boleh saya juga mau diperiksa,"papar KSAD Jendral Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD Jalan Veteran No. 5, Jakarta Pusat pada Jumat (19/3/2021). 

Mendengar hal itu, Jendral Andika Perkasa langsung siap membantu Amasya Manganang.

"Kami siap, karena tujuan kami untuk membantu, apalagi adiknya sudah kami tangani. Menurut saya kami juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan solusi," imbuh KSAD Jendral Andika Perkasa.

Aprilia Manganang alias Aprilio Perkasa Manganang (Dok. Era.id/Angga)

Amasya Manganang sudah melakukan dua kali pemeriksaan pada hari Rabu (17/3) dan Kamis (18/3). Hasilnya, sang kakak Aprilia Manganang mengidap penyakit hipospadias serius.

"Kebetulan pemeriksaan dua hari rabu dan kemarin ternyata sama dia laki-laki dan alami hipospadias," kata KSAD Jendral Andika Perkasa.

"Kita akan siapkan prosedur corective surgery pertama. Sama seperti adiknya, Amasya juga masuk dalam kategori hipospadias yang serius hingga membutuhkan dua kali corevtive surgery," lanjutnya

Tak hanya itu, Aprilia Manganang juga memberikan pesan kepada orang-orang yang mengalami kelainan reproduksi sama seperti dirinya.

"Pesan-pesan untuk orang seperti saya tidak takut berani aja, tapi kita tahu kondisi kita harus jujur," kata Aprilia Manganang.

Rekomendasi