Hampir Empat Tahun Kepergian Jonghyun, Key SHINee Tak Mau Lagi Tutupi Kesedihan

| 23 Mar 2021 08:10
Hampir Empat Tahun Kepergian Jonghyun, Key SHINee Tak Mau Lagi Tutupi Kesedihan
Key SHINee (Instagram/@bumkey)

ERA.id - Key SHINee akhirnya mengungkapkan isi hati terdalamnya tentang mendiang Jonghyun SHINee. Ia mulai memberanikan diri untuk tidak menutupi dan berhenti membicarakan rekan setimnya di ruang publik. 

Kepergian Jonghyun SHINee di tahun 2017 meninggalkan luka mendalam bagi rekan sesama grupnya. Namun kini setelah empat tahun berlalu, Key SHINee memilih untuk tak lagi menutupi dan menghindar dari kesedihan yang membelenggunya. 

Lewat siaran Home Alon - I Live Alone, Key SHINee mulai buka-bukaan tentang perasaan terdalamnya. Ia bersama dengan Taeyeon SNSD membicarakan banyak hal, termasuk kerinduannya dengan sosok Jonghyun yang telah lama tiada. 

Obrolan mereka diawali dengan perasaan Key yang baru-baru ini comeback bersama SHINee. Ia menyebut comeback-nya kali ini sangat berbeda dan penuh perjuangan. 

"Comeback kali ini menuntut secara fisik, kalau bukan karena anggota saya tidak akan bisa melakukannya," kata Key SHINee.

Lalu, Key menyebut comeback kali ini terasa sangat sulit lantaran grup tersebut harus kehilangan vokal utama di dalamnya. Tak ada lagi vokalis utama dengan suara merdu yang selalu menjadi kebanggaan banyak orang.

"Yang paling sulit bagi kami saat melakukan promosi adalah tidak adanya suara terpenting kami. Kami mulai menyadarinya lagi. Rasanya seperti seluruh ruangan telah disingkirkan saat kami berdiri diam," kenang pria 29 tahun itu. 

Menurut Key, bukan hanya dirinya yang merasakan hal itu tetapi semua member SHINee juga merasakan hal yang sama. Belum lagi saat mereka menggelar konser di Jepang. Mereka harus bisa membagi suara tinggi yang biasanya diisi Jonghyun dengan formasi empat member saja. 

Meski harus melalui masa sulit saat promosi, Key menegaskan ia tetap menyuakai grupnya kembali berkarya dan menghibur penggemar. Meski pun pada akhirnya ia lebih menyukai promosi dengan formasi lengkap.

"Saya suka melakukan promosi sekarang, tapi saya paling menyukainya ketika kita semua bersama dan kita bisa terus mencoba hal-hal baru tanpa mengetahui apa yang akan terjadi," ungkap Key. 

Selama promosi comeback, Key juga sempat menyebut nama Jonghyun kala SHINee memenangkan piala M Countdown. Di kesempatan itu, Key akhirnya memberi alasan kenapa ia akhirnya berani menyebut nama rekan satu grupnya. 

Baginya, kata-kata itu keluar begitu saja tanpa pikir panjang. Padahal sebelumnya ia sangat benci membicarakan topik terlarang yang tidak pernah dibicarakan oleh rekan satu tim lainnya. 

"Dulu, ketika orang membicarakannya, aku akan menghindari topik itu. Rasanya seperti mereka menggunakannya untuk mencoba dan membuatku menangis," kata Key. 

Kini berawal dari ucapan tanpa sengaja itu, Key menyadari dirinya senang membicarakan mendiang rekannya itu. Ia bahkan tak segan untuk terus menunjukkan kerinduannya ke Jonghyun dengan terus menyebutnya di setiap kesempatan.

"Saya rasa kita tidak perlu terus memperlakukannya sebagai topik yang terlalu sulit untuk dibicarakan atau terlalu menyedihkan untuk diungkapkan dengan kata-kata. Apakah ada alasan untuk menghindari topik tersebut?" ungkapnya.

Taeyeon yang juga sangat terpukul atas kepergian Jonghyun pun memberikan semangat dan menyetujui ucapan Key. Ia yakin Key bisa melakukannya dengan cara yang baik. Begitu juga dengan pengakuan Key bahwa semua hal tentang Jonghyun bukan lah hal yang menakutkan lagi.

Lebih lanjut, Key menegaskan meski banyak mental yang terluka atas kepergian itu dan emosi yang terus muncul secara bergantian, ia ingin orang-orang yang melihatnya tidak terlalu mengasihaninya saat mereka melihat Key. 

"Tentu saja, ini adalah situasi yang sulit, tetapi saya tidak ingin orang terlalu mengasihani saya ketika mereka melihat saya," tegas Key SHINee. 

Rekomendasi