Sepelekan Eating Disorder yang Dialami Peserta INTM, Deddy Corbuzier dan Luna Maya Dicibir Penonton

Luna Maya dan Deddy Corbuzier (Tangkapan layar video tersebut Youtube)

ERA.id - Nama Luna Maya dan Deddy Corbuzier saat ini ramai dibicarakan warganet terkait komentar keduanya pada program Indonesia's Next Top Model. Luna dan Deddy yang berperan sebagai juri pada program tersebut dianggap menyepelekan depresi yang pernah dialami salah satu kontestan, yaitu Ilene.

Saat salah satu segmen, Ilene menceritakan tentang depresi yang pernah dialaminya. 

"Jadi dulu pernah depresi tapi udah lewatin itu. Dan sekarang aku udah tahu siapa diri aku. Jadi aku kaya lebih menghargai siapa diri aku sekarang," ujar Ilene, dikutip dari tayangan YouTube Indonesia's Next Top Model.

Menanggapi pernyataan dari Ilene, Deddy tampak mempertanyakan mengapa dirinya yang terlihat sempurna dan cantik bisa mengalami depresi.

"Depresi? Bentar-bentar saya penasaran deh dengan teman-teman di sini apalagi kamu Ilene. Kamu tuh cantik, kamu tuh model," kata Deddy Corbuzier. 

Kemudian, Ilene pun mengungkapkan bahwa dirinya awalnya tidak mengetahui kalau yang dialaminya dahulu itu adalah penyakit mental, yang disebut dengan eating disorder. Penyakit ini membuat dirinya terkadang makan dengan jumlah banyak dan terkadang bisa tidak makan apapun.

"At first, aku juga gak paham kalau itu ternyata penyakit mental. Aku gak sadar. Diagnosanya eating disorder. Jadi kayak pernah dua kali sih, yang pertama jadi kayak makan terus, dan yang kedua jadi gak mau makan apa-apa. Tapi gak sampe muntahin sesuatu," lanjut Ilene. 

Mendengar fakta mengenai penyakit eating disorder yang dialami Ilene, Luna Maya melontarkan kalimat candaan yang dianggap menyepelekan keadaan sulit yang dialami Ilene.

"Aku suka banget makan, jadi saya kayanya eating disorder kali ya," ujar Luna Maya.

Lebih lanjut, Ilene menceritakan awal dirinya bisa mengidap penyakit tersebut. Ilene mengatakan bahwa hal itu terjadi ketika dirinya baru pertama kali terjun ke dunia model. Ia mencoba banyak jenis diet yang semuanya tak berhasil dan membuatnya stres. Akibat stres yang dialaminya, tubuhnya kian menggemuk dan ia menerima banyak bullying.

Lalu Deddy merespon kondisi yang dialami oleh Ilene adalah suatu hal yang wajar untuk dihadapi di dunia model.

"Memang ketika menentukan sebuah profesi, tuntutannya jadi seperti itu. Jadi saya tidak merasa itu jadi body shaming buat saya," kata Deddy Corbuzier.

Komentar-komentar Deddy dan Luna ini dianggap warganet sangat menyepelekan kondisi depresi dan eating disorder yang dialami oleh Ilene. Mereka menyayangkan sikap keduanya yang dapat berkomentar begitu mudah terhadap seseorang yang pernah mengalami gangguan mental.

"Kapasitas orang beda-beda dalam menghadapi mental illness ya, tolong," kata akun nanda loka. 

"Kasihan banget model-model in, masih muda, cantik. Tapi tenaganya terbuah di acara beginian. Sama aja mereka ditelanjangi lewat kata-kata, membicarakan trauma seseorang itu parah sih," tulis akun Rio Sungkarjaya. 

"Luna Maya becandain eating disorder? Gue pikir dia cerdas ternyata sama aja. Deddy Corbuzier juga gak cocok jadi juri di situ," ucap salah satu akun. 

"Deddy jurusan psikolog tapi kok mental orang dibercandain? luna juga ikutan...tf?" kata akun lainnya. 

Eating disorder atau gangguan makan adalah gangguan mental saat mengonsumsi makanan. Penderita gangguan ini dapat mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan, dan terobsesi pada berat badan atau bentuk tubuhnya.

Tag: Deddy Corbuzier Luna Maya Indonesia's Next Top Model Eating Disorder

Bagikan: