Ulang Tahun ke-27, Throwback Perjalanan Karier Sulli Semasa Hidupnya

| 29 Mar 2021 15:45
Ulang Tahun ke-27, Throwback Perjalanan Karier Sulli Semasa Hidupnya
Sulli eks girl grup f(x) (Instagram/@jelly_jilli)

ERA.id - Tepat pada hari ini (29/3/2021), Sulli eks girl grup f(x) berulang tahun yang ke-27 tahun. Meskipun sudah pergi untuk selama-lamanya sejak 2019 lalu, masih banyak penggemar yang memperingati hari ulang tahunnya dan merindukan sosok Sulli. Para penggemar ramai menaikkan tagar #HappySulliDay di berbagai platform media sosial. 

Untuk mengenang kembali sosok Sulli, berikut ini beberapa fakta perjalanan karier Sulli semasa hidupnya yang sudah dirangkum oleh tim Era.Id.

1. Memulai karier sejak usia muda

Sebelum bergabung menjadi member dari girl grup f(x), Sulli sudah terlebih dahulu memulai kariernya sebagai seorang aktris. Sulli debut jadi aktris di usianya yang cukup muda, yaitu 11 tahun. Sulli pertama kali akting dengan membintangi drama sejarah Ballad of Seodong pada tahun 2005.

Berhasil mencuri perhatian dengan bakat aktingnya yang mumpuni di drama debutnya, Sulli pun kebanjiran tawaran untuk main dalam beberapa drama. Adapun drama yang dibintangi oleh Sulli sebagai aktris cilik adalah Love Needs a Miracle, Drama City, dan Vacation. 

Sulli eks girl grup  f(x) (Instagram/@jelly_jilli)

2. Debut sebagai member f(x) pada tahun 2009

Setelah sukses jadi seorang aktris cilik, Sulli akhirnya bergabung dengan agensi SM Entertainment. Menjalani masa pelatihan selama beberapa tahun, Sulli melebarkan kariernya di bidang musik dengan menjadi member dari girl grup f(x). 

Bersama Krystal, Luna, Victoria, dan Amber, Sulli berhasil mengukuhkan diri mereka sebagai girl grup populer Korea dengan konsep musik elektropop yang kental. Selama berkarier sebagai member f(x), Sulli sudah terlibat dalam perilisan tiga studio album grup tersebut.

3. Hengkang dari f(x) dan hiatus

Pada tahun 2014, Sulli memilih untuk hiatus dari dunia hiburan karena masalah kesehatan mental yang dideritanya. Keputusan ini diambil setelah dirinya menerima banyak kritikan dan rumor palsu terkait hubungan asmaranya dengan seorang rapper bernama Choiza. Salah satu rumor palsu yang cukup menyedihkan yang dituduhkan pada Sulli saat itu adalah ia sudah hamil di luar pernikahan. 

Namun, tak hanya hiatus, setahun kemudian Sulli memutuskan untuk hengkang dari f(x). Pada kabar yang beredar, keputusan tersebut diambil karena Sulli tak ingin citra grup buruk karena dirinya. Meski sudah hengkang dari grup, Sulli masih tetap menjadi artis di bawah naungan SM Entertainment.

4. Kelanjutan karier dan berbagai kontroversi Sulli

Setelah memilih hengkang dari grup, Sulli memilih memfokuskan kariernya di dunia seni peran. Di tahun 2015 juga, Sulli main dalam film genre komedi berjudul Fashion King. Kemudian ia juga main dalam film Real bersama aktor Kim Soo Hyun.

Meskipun sudah aktif kembali membangun kariernya sebagai aktris, nyatanya Sulli masih menerima banyak kebencian dari warganet. Hal ini karena Sulli merupakan idol yang cukup berterus terang akan kehidupan pribadinya di media sosial. Ia mengungkapkan pendapatnya tentang feminisme dan aktif sebagai aktivis untuk gerakan feminisme di Korea Selatan.

Sulli eks girl grup  f(x) (Instagram/@jelly_jilli)

Dengan sikap Sulli yang cukup blak-blakan, banyak yang menganggap bahwa Sulli tak seharusnya melakukan hal seperti itu mengingat dirinya adalah seorang idol.

5. Memilih mengakhir hidupnya pada Oktober 2019

Setelah cukup lama bertahan dengan banyaknya kebencian yang dilayangkan padanya, dan kesehatan mental seperti serangan panik dan fobia sosial, Sulli memilih untuk mengakhiri hidupnya pada 14 Oktober 2019. Ia ditemukan oleh manajernya dalam keadaan gantung diri di kediamannya di Seongnam, Seoul.

Sang manajer mengungkap bahwa ia memilih mendatangi rumah Sulli karena sang artis tak menjawab panggilan teleponnya. Pemakaman Sulli digelar secara tertutup yang hanya dihadiri oleh kerabat dekat dan keluarga. Banyak media lokal Korea yang menyatakan bahwa kematian Sulli ini diakibatkan karena dirinya yang sudah tak tahan dengan bullying yang diterimakan lewat media sosial.

Itulah beberapa fakta perjalanan karier Sulli semasa hidupnya. Selamat ulang tahun Sulli, semoga tenang dan bahagia di sana.

Rekomendasi