5 Rekomendasi Film Bertema Paskah yang Bikin Terharu, Cocok Ditonton Bareng Keluarga

| 04 Apr 2021 10:05
5 Rekomendasi Film Bertema Paskah yang Bikin Terharu, Cocok Ditonton Bareng Keluarga
The Passion of The Christ

ERA.id - Hari Raya Paskah sangat bermakna karena mengingat kelahiran baru dan kemenangan Yesus Kristus atas kematian. Tanggal 4 April, menjadi momentum bagi umat Kristen dan Katolik menyambut kebangkitan Yesus Kristus usai wafatnya Isa Al-Masih.

Dalam merayakan momen perayaan paskah, banyak hal yang dilakukan saat bersama keluarga. Selain menghias telur, kita bisa merayakan dengan menonton film dengan tema Paskah.

Berikut 5 rekomendasi film bertema Paskah yang bikin terharu dan menyenangkan.

1. Hop

Hop (Foto: IMDb)

Hop adalah sebuah film komedi buddy aksi hidup/animasi komputer 3D Amerika 2011 dari Universal Pictures dan Illumination Entertainment yang dirilis pada 1 April 2011, di Amerika Serikat dan Britania Raya.

Film Hop menceritakan seorang manusia yang berharap menjadi kelinci Paskah. Ada pun kisah seekor anak ayam jahat yang berencana mangambil alih organisasi Paskah. 

2. Son of God

Son of God (Foto: IMDb)

Film Son of God memberikan pemaparan sejarah epik kehidupan Yesus hingga penyaliban lewat penggambaran sinematek menarik, dramatis, kuat, dan inspirasional kepada para penikmat film. Film Son of God diangkat dari miniseri Bible (2013) yang sukses besar di banyak negara. 

Son of God diangkat dari Alkitab yang menceritakan tentang suasana Israel sekitar tahun 6 SM, pada waktu Israel atau Yahudi masih dijajah bangsa Romawi. Film yang dirilis pada tahun 2014 ini menampilkan visual dramatikal yang kuat, warna yang eksotis, efek visual yang memukau dan orkestrasi musik karya Hans Zimmer yang membuat film ini memiliki daya tarik.

3. Jesus Christ Superstar

Jesus Christ Superstar (Foto: IMDb)

Film Jesus Christ Superstar dibuat dengan pemaparan kisah lebih ringan dengan gaya sentuhan musik-musik pop dan rok. Jesus Christ Superstar menceritakan soal anak manusia yang mendapatkan wahyu untuk menyelamatkan bangsanya melalui musikan dan unsur musik pop dan rok yang kental. 

Dalam film itu, kisah juga diceritakan Jesus yang dikhianati Judas Iscariot dan menebus dosa-dosa pengikutnya dengan cara disalib oleh bangsa Romawi. Dikisahkan juga hubungan Jesus dengan Marry Magdalene, wanita yang selama ini jadi misteri bagi hidup Jesus.

4. Monty Python's Life of Brian

Monty Python's Life of Brian (Foto: IMDb)

Film Monty Python Life Of Brian dirilis pada tahun 1979 dan menceritakan kehidupan Brian Cohen, seorang pemuda yang lahir hampir pada waktu yang sama dan di jalan yang sama seperti Yesus Kristus. Brian lahir di sebuah kandang, beberapa pintu dari kandang tempat Yesus dilahirkan.

Lalu, besar dan menjadi pemuda idealis menentang keberadaan Romawi di Yudea. Seiring berjalannya waktu, Brian dinilai melakukan kesalahan dan diberi 'hukuman' untuk menuliskan kalimat yang sudah dibetulkan sebanyak seratus kali. Serangan gagal diistana hingga menghasilkan serangkaian kejadian nahas.

5. The Passion of The Christ

The Passion of The Christ (Foto: IMDb)

The Passion of the Christ (terkadang disebut The Passion[4]) adalah suatu film drama epik buatan Amerika Serikat. Film ini menggambarkan Penderitaan Yesus yang utamanya berdasarkan pada Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.

Film ini juga mengacu pada praktik keimanan seperti Jumat Dukacita beserta karya tulis devosional yang lain, contohnya penampakan-penampakan terkenal Maria yang dikaitkan dengan Beata Anna Katharina Emmerick.

Film ini secara khusus menceritakan 12 jam terakhir kehidupan Yesus di dunia, dimulai dengan Penderitaan di Taman Getsemani, insomnia dan kedukaan Santa Perawan Maria, serta berakhir dengan suatu penggambaran singkat kebangkitan Yesus.

The Passion of the Christ telah menjadi kontroversi dan mendapat berbagai ulasan beragam hingga yang positif, dengan beberapa kritikus mengklaim bahwa kekerasan ekstrem dalam film ini

Rekomendasi