5 Film Bertema Religi yang Cocok Ditonton Selama Bulan Ramadan

| 13 Apr 2021 03:13
5 Film Bertema Religi yang Cocok Ditonton Selama Bulan Ramadan
Film My Name is Khan (Dok.imdb.com)

ERA.id - Menjalani ibadah puasa Ramadan, menonton film yang bertema religi Islami merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mendalami ilmu agama dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tak hanya banyak hikmah di dalamnya, film-film ini juga menyajikan cerita yang unik, seru, dan pastinya bermanfaat. Inilah beberapa film tema Islami yang harus kamu tonton di bulan Ramadan ini.

1. My Name Is Khan

My Name Is Khan adalah film bollywood yang  dirilis pada tahun 2010 lalu. Bercerita tentang Risvan Khan (Shah Rukh Khan) seorang muslim yang mengidap penyakit asperger, suatu kondisi di mana penderitanya sulit berkomunikasi dengan lingkungannya. Ia tinggal bersama saudaranya di San Fransisco setelah ibunya meninggal.

Di sana Risvan bertemu dengan Mandira (Kajol) dan menikah dengannya. Kebahagiaan mereka berakhir setelah terjadinya penyerangan menara kembar World Trade Center di New York. Akibat insiden ini, pandangan Amerika terhadap orang beragama Islam berbeda, yaitu menjadi membenci mereka termasuk keluarga Risvan. Dari sinilah perjuangan Risvan dan keluarga dimulai untuk bertahan di tengah kebencian dari masyarakat Amerika.

Menonton film yang satu ini bakal beri sensasi rasa haru, sedih, sekaligus menginspirasi dari setiap tokoh di dalamnya. Dengan menonton film ini juga akan membuat puasa kamu tidak membosankan, dan semakin bisa mendalami ilmu agama lho.

2. Malcolm X

Malcolm X merupakan film biografi tentang Malcolm, seorang Muslim Afrika-Amerika yang dikenal sebagai aktivis hak asasi manusia. Malcolm adalah salah satu aktivis yang memperjuangkan hak asasi orang kulit hitam yang dipandang rendah oleh orang kulit putih.

Film ini bercerita tentang awalnya Malcolm masuk Islam, yaitu ketika ia berada di penjara bertemu dengan seorang anggota dari organisasi bernama "Nation of Islam". Setelah bebas, Malcolm masuk ke dalam organisasi tersebut, yang dipimpin oleh Elijah Muhammad. Kemudian Malcolm akan menjalani hari-harinya sebagai seorang muslim dan berjuang sebagai aktivis untuk hak asasi manusia bagi orang berkulit hitam.

Menyaksikan film ini akan membawamu pada kisah Malcolm mendalami agama barunya dan mencari tahu akan kebenaran.

3. 99 Cahaya di Langit Eropa

Film ini merupakan film Indonesia yang menceritakan sekelompok warga Indonesia yang menetap di Eropa, tepatnya di negara Austria. Film yang satu ini bercerita dengan Hanum (Acha Septriasa) yang menemani suaminya, Rangga (Abimana Aryasatya), yang menjalani kuliah di Vienna, Austria. Hanum yang berprofesi sebagai jurnalis merasa bosan tinggal di Vienna tanpa adanya kegiatan berarti. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Fatma (Dewi Sandra) seorang muslimah yang menjadi temannya menelurusi jejak Islam di Eropa.

Film ini nantinya akan bercerita tentang keberadaan Islam di negara tersebut, dan perjuangan para tokohnya mempertahankan ketaatan mereka beribadah di suatu tempat di mana mereka sebagai minoritas.

4. Ada Surga di Rumahmu

Film yang dirilis pada tahun 2015 ini diangkat dari buku dengan judul yang sama karya Ustad Alhabya. Film yang satu ini cukup mengandung banyak hikmah di dalamnya, karena bercerita tentang perjalanan seorang pemuda bernama Ramadhan (Raihan Khan) yang sedang mencari jati dirinya.

Ia dihadapkan pada dua pilihan yang sama baiknya, namun bertolak belakang. Ia harus memilih antara pengabdiannya di pondok pesantren atau memilih mengejar mimpinya sebagai seorang artis. Selain itu, ia juga akan menghadapi kenyataan perjuangan dari orang tuanya untuk menyekolahkan dirinya selama ini.

5. Negeri 5 Menara

Film yang rilis tahun 2012 ini bercerita tentang 6 orang remaja yang berasal dari daerah berbeda menimba ilmu di Pondok Madani Ponorogo, Jawa Timur. Mereka suka menghabiskan waktu menunggu Maghrib dengan menatap awan di bawah menara masjib pesantren. Dalam khayalan mereka, awan - awan tersebut ibarat negara impian masing -masing.

Film ini terkenal dengan kalimat "Man Jadda Wajada" yang berarti siapa yang bersungguh - sungguh pasti akan berhasil. Kalimat inilah yang dipegang oleh keenam remaja tersebut dalam menggapai mimpi mereka.  Film ini mampu menyajikan cerita bahwa mimpi pasti bisa digapai kalau dilakukan dengan bersungguh - sungguh.

Itulah 5 film tema Islam yang cocok untuk menemani ngabuburit kamu di rumah. Jadi film apa yang bakal kamu tonton duluan?

Rekomendasi