Pangeran Philip Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun, Ratu Elizabeth Berduka

| 09 Apr 2021 19:04
Pangeran Philip Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun, Ratu Elizabeth Berduka
Pangeran Philip (Instagram/@theroyalfamily) Pangeran Philip meninggal dunia

ERA.idERA.id - Kabar duka datang dari Istana Buckingham. Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 99 tahun. 

Pihak Istana Buckingham membenarkan kabar duka itu kepada Variety, Kamis (8/4/2021). Atas nama Ratu Elizabeth II atau istri tercintanya, istana mengumumkan kepergian Pangeran Philip.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh," kata pernyataan Istana Buckingham, dikutip Variety, Jumat (9/4/2021).

Dilaporkan Pangeran Philip meninggal dunia dalam keadaan damai di Kastil Windsor. Kepergian Pangeran Philip ini menjadi duka bagi seluruh dunia. Bahkan situs resmi kerajaan tidak bisa diakses dan dalam mode perbaikan. 

Sehari sebalum meninggal dunia, Pangeran Philip tampil untuk acara dokumenter ITV, The Unseen Queen, yang menampilkan moment pasangan kerajaan yang jarang terlihat di tahun-tahun awal pernikahan. 

Namun dalam beberapa belakangan terakhir, kondisi kesehatan dari Pangeran Philip memang sempat dilaporkan dalam kondisi yang sangat buruk. Ia mengeluhkan tidak enak badan dan di rawat di rumah sakit sejak bulan Februari. 

Penampilannya di hadapan publik tercatat terakhir kali dilakukan pada bulan Juli 2020. Saat itu ia menggelar seremonial kolonel-in-chief dari The Rifles kepada menantunya, Camilla, Duchess of Cornwall.

Tahun 2019, Philip tercatat menjalani perawatan di rumah sakit untuk observasi selama empat bulan. Sepanjang kariernya di Istana Buckingham, Philip tercatat sebagai pelindung untuk beberapa organisasi yang fokus pada lingkungan, olahraga, dan juga pendidikan.

Philip tercatat pensiun dari masa jabatan dan tugasnya di kerajaan pada Agustus 2017 saat usianya menginjak 96 tahun. Ia meninggalkan empat orang anak, Charles (Prince of Wales), Pangeran Andrew (Adipati York), Pangeran Edward (Earl of Wessex), dan Anne (Putri Kerajaan).

Rekomendasi