Usut Kematian Kakek yang Pernah Dapat Bantuan Rp200 Juta, Taqy Malik: Kakek Turun Lagi Mengemis di Jalan, Wafat Kondisi Miris

Tim Editor

Taqy Malik (Foto: Instagram/@taqy_malik dan YouTube/Taqy Malik)

ERA.id - Sosok kakek Makmur sebelumnya pernah viral di media sosial karena korban penjambretan dua pemuda pada November 2020 lalu. Sang kakek menangis karena uang yang dijambret untuk dibelikan kain kafan. 

Tak tega melihat sang kakek, YouTuber sekaligus pendakwah Taqy Malik open donasi hingga mendapatkan Rp200 juta. Namun, sang kakek kini sudah meninggal dunia. Mantan suami Salmafina Sunan ini mengucapkan duka cita itu melalui Instagram pribadinya.

"Yang pertama tama, gue turut berduka cita yang sangat dalam untuk kakek makmur yang beberapa waktu lalu viral karena dijambret, dan gue open donasi terkumpul seluruhnya ada 200 juta lebih dan gue anter langsung ke kediaman beliau di baubau," tulis Taqy Malik.

Sebelum uang Rp200 juta diberikan, sempat ada rencana untuk membangunkan tempat layak atau usaha di rumah yang dikelola bersama pihak DPRD. Namun, pihak keluarga memaksa agar uangnya segera dicairkan dan diberikan semuanya.

"Awalnya uang itu ingin gue kelola sendiri dengan teman anggota DPRD di baubau, biar lebih terkontrol dananya, dan kita prioritaskan untuk tempat tinggal kakek makmur yang layak di tempati, dan dibukakan usaha dirumahnya. Namun satu lain hal, pihak keluarga ketika itu mendesak untuk cepat mencairkan dana tersebut akhirnya gue berlepas diri dari itu semua, dan tanggung jawab gue serahkan semua kepada keluarganya agar uang tersebut dikelola untuk kebutuhan sehari-hari kakek Makmur," ungkap Taqy Malik.

Kakek Makmur (Foto: YouTube/Taqy Malik)

Sebelum meninggal dunia, Taqy Malik menerima info bahwa mendiang wafat dalam kondisi miris. Kabarnya, sang kakek juga terjun kembali untuk mengemis dipinggir jalan. Pendakwah berusia 23 tahun itu geram dengan pihak keluarga karena menelantarkan sang kakek. 

"Nggak lama denger kabar, singkat cerita seminggu lalu dapat info kakek makmur turun ke jalan lagi mengemis di pinggir jalan, kok bisa? padahal uang Rp200 juta itu uang yang banyak dan terakhir dapat info tadi siang beliau wafat dalam keadaan yang miris. Wafat tidak dirumah beliau, melainkan di tribun lapangan bola. Gue sebenarnya kesal, kok bisa beliau ditelantarkan lagi? kayak nggak ada yang ngurusin," kata Taqy Malik.

Taqy Malik juga akan mengusut tuntas soal kematian sang kakek. Ia juga membagikan foto yang berisi mutasi rekening yang menurutnya tak jelas uang larinya kemana.

Mutasi rekening (Foto: Instagram/@taqy_malik)

"Disaat beliau kemaren dapet donasi, seluruh keluarga ngumpul, disaat beliau susah pada kemana? Gue harus speak up untuk hal ini, karena donasi bukan uang sendiri, tapi uang orang banyak yang harus dipertanggung jawabkan. Gue mau usut sampai tuntas masalah ini, terakhir dapat photo mutasi rekening yang nggak jelas larinya kemana," papar Taqy Malik.

Taqy Malik mendoakan kakek Makmur agar tenang di alam baka. Diakhir caption-nya, ia menunggu keluarga untuk memberikan klarifikasi agar masalah cepat selesai.

"Kita doakan, semoga kakek makmur tenang disana. Kuburan beliau dilapangkan dan diberikan cahaya, Aaamin yaa Allah. Gue tunggu klarifikasi dari pihak keluarga yang merasa bertanggung jawab untuk ini semua, terima kasih," tutupnya.

Tag: Taqy Malik Kakek Makmur

Bagikan: