Anggota Keluarga Kerajaan Tidak Akan Pakai Seragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip, Kenapa?

| 15 Apr 2021 15:15
Anggota Keluarga Kerajaan Tidak Akan Pakai Seragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip, Kenapa?
Pemakaman Pangeran Philip (Instagram/@clarencehouse)

ERA.id - Anggota senior kerajaan Inggris yang memiliki pangkat militer tidak akan memakai seragam militer saat hadir di pemakaman Pangeran Philip. Seluruh anggota akan memakai pakaian berkabung pada Sabtu (17/4/2021). 

Menurut laporan People, tidak ada satu pun anggota senior keluarga kerjaan yang akan memakai seragam militernya di pemakaman Philip di Kastil Windsor. Meski pun anggota kerajaan memiliki pangkat, mereka akan kompak memakai pakaian berkabung.

Biasanya anggota yang memiliki pangkat seperti Pangeran Charles, Pangeran William, Putri Anne, dan juga Pangeran Edward akan memakai seragam militer di tiap acara kenegaraan. 

Merajuk pada keputusan ini, tentu saja fokus utama mengarah ke Pangeran Harry yang telah keluar dari anggota kerajaan senior serta kehilangan gelar militer kehormatannya. 

Harry diketahui kehilangan tiga gelar militer kehormatannya yang ia dapat selama bertugas di Angkatan Darat Inggris selama satu dekade. Gelar itu termasuk Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, Komandan Udara Kehormatan RAF Honington, dan Panglima Komodor, Kapal Kecil dan Menyelam, Komando Angkatan Laut Kerajaan. 

Meski telah keluar dari anggota keluarga senior, Harry dilaporkan telah tiba di Inggris pada hari Minggu (11/4/2021). Ia hadir seorang diri tanpa ditemani oleh Meghan Markle, istrinya yang sedang hamil anak kedua. 

Selama berada di Inggris, Harry tinggal di rumah Frogmore Cottage di Windsor, tempat tinggalnya dulu bersama Meghan dan Archie sebelum meninggalkan Inggris. 

Duke of Edinburgh rencananya akan dimakamkan di Kapel St. George di Kastil Windsor yang hanya dikelilingi oleh anggota keluarga dan kerabat dekat. 

Tidak ada upacara kenegaraan pada umumnya, prosesnya hanya dilakukan sebagai serimonial kerajaan saja. Hal ini sesuai dengan keinginan dari Philip. 

Pangeran Philip meninggal dunia pada Jumat, 9 April 2021. Ia meninggal dunia setelah melawan berabgai penyakit yang ada ditubuhnya dalam usia 99 tahun. 

Rekomendasi