Film Tarian Lengger Maut 'Gandeng' Seniman Lokal Asal Banyumas

| 24 Apr 2021 09:45
Film Tarian Lengger Maut 'Gandeng' Seniman Lokal Asal Banyumas
Film Tarian Lengger Maut (Dok: Visinema Pictures)

ERA.id - Film terbaru persembahan Visinema Pictures dan Aenigma Pictures siap mengguncang bioskop pada Mei mendatang. Film berjudul Tarian Lengger Maut ini menggandeng seniman lokal asal Banyumas sebagai bagian dari tim dan pemain.

Tarian Lengger Maut merupakan sebuah film kolaborasi antara Visinema Pictures dan Aenigma Pictures. Film ini menjadi karya thriller misteri pertama yang dirilis oleh Visinema Pictures sepanjang karyanya. 

"Memang Visinema belum pernah mempunyai genre seperti Tarian Lengger Maut ini. Saat Mbak Ariana dan Mas Yongki bawa projek ini untuk di-preview, kita benar-benar melihat sebuah diamond yang bisa dipoles banget," kata Cristian Imanuell, Produser dari Visinema Pictures. 

Lalu, kata Christian, setelah melihat preview dari film yang digarap oleh Yongki Ongestu ini, pihak Visinema langsung tertarik untuk berkolaborasi bersama. 

Yongki, sutradara film Tarian Lengger Maut ini pun mengungkap tantangan terbesarnya dalam menggarap film layar lebar pertamanya. Menurutnya tantangan utama itu muncul dari pemilihan genre thriller yang harus dipadukan dengan tradisional. 

"Waktu pas mau mulai jadi tantangan besar gimana kita bisa combine antara tarian tradisinonal dengan genre ini biar enak ditonton," ungkap Yongki. 

Demi memudahkan proses penggarapan film, Yongki menggunakan cara khusus yang ia sudah susun secara rapih dalam bentuk animasi. Hal ini dilakukan olehnya guna menentukan tata letak mulai dari lighting, kamera, hingga posisi pemain saat mengambil gambar. 

Selain itu, kata Yongki, pembuatan film ini juga dibantu oleh seniman lokal yang berasal dari Banyumas, daerah asal tarian lengger. Menurut Yongki hampir 70 persen dari kru dan juga aktornya berasal dari seniman lokal yang sangat membantu. 

"70 persen kru kita ini adalah kreatif anak lokal dan sebagian pemainnya juga seniman lokal Banyumas. Pemain calung itu pemain beneran, sindennya sinden beneran, lokal aktor juga kita pakai," ungkap Yongki. 

Lebih lanjut, Yongki menegaskan proses persiapan sebelum syuting ini memakan waktu hingga satu bulan mulai dari reading hingga membangun chemistry di antara pemain. 

Film Tarian Lengger Maut ini direncanakan tayang di seluruh bioskop tanah air mulai 13 Mei 2021. Film ini dibintangi oleh Della Dartyan, aktris yang sebelumnya sukses menjadi Arini di film Love for Sale. Selain itu, ada juga Refal Hady yang juga sukses lewat film Antalogi Rasa. 

Rekomendasi