Tak Punya Uang Sepeser pun, Ustaz Solmed Curhat Bangkrut Saat Pandemi, Jual Mobil hingga Pakaian Bekas

Tim Editor

Ustaz Solmed (Instagram/ustad_solmed)

ERA.id - Ustaz Solmed membuat pengakuan mengejutkan tentang kondisi ekonomi keluarganya, Ia mengaku sempat bangkrtu hingga harus meminjam uang istrinya, April Jasmine. 

Pengakuan mengejutkan ini diakui olehnya di acara Aksi ASIA 2021 di Indosiar. Saat itu Solmed mengaku pandemi Covid-19 juga membuat ekonomi keluarganya kesulitan. 

"Pandemi ini membuktikan bahwa melewati ujian dan cobaan yang banyak dilewati orang lain pun kami merasakannya," kata Ustaz Solmed, di YouTube Indosiar, Selasa (4/5/2021).

Diakui olehnya Solmed bahkan sampai meminjam uang ke istrinya, April Jasmine di tengah kesulitan ekonomi keluarganya. Kala itu Solmed meminjam uang April sebesar Rp200 ribu.

"Saya sampai harus meminjam uang ke April perkara Rp200 ribu, saya pinjem duit di masa pandemi," ungkapnya. 

Tak hanya itu saja, untuk kebutuhan berobat Ibunda tercintanya, Solmed juga tidak memegang uang sepeser pun dan kembali meminjam ke April. Saat itu menurutnya seluruh isi tabungannya telah habis dan tak tersisa. 

"Saya pinjam uang Rp500 ribu hanya untuk biaya berobat Ibu saya, yang saya tidak punya lagi tabungan saat pandemi ini," lanjutnya. 

Lalu, kata Solmed, andai saja April tidak mengizinkan ia untuk meminjam uangnya, Solmed pun tak punya kauasa untuk memaksakan kehendak istrinya. 

Tetapi yang terjadi justru sebaliknya. April memilih untuk menyerahkan seluruh isi tabungannya untuk kebutuhan sehari-hari dan juga membayar hutang. 

"Dia (April) mengeluarkan semua tabunganya untuk mensupport saya agar saya bisa bertahan di tengah kebingungan, kebimbangan, kegalauan," ujarnya. 

Bukan hanya mengandalkan uang dan tabungan milik April saja, diakui oleh Solmed ia sudah habis-habisan menjual aset dan barang-barang pribadinya. 

Bahkan parahnya, Solmed harus menjual baju-baju bekas yang pernah ia pakai ke teman-temannya hanya demi sesuap nasi dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Mobil saya jual, tagihan orang datang ke rumah, saya pergi mencari buat makan, saya temui teman-teman saya, saya jual faceshiled, saya jual sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya tidak ada yang tahu satu Indonesia," kenangnya.

Ramzi yang saat itu menjadi pembawa acara bersama Irfan Hakim pun dikejutkan dengan catatan yang ada di ponsel milik Ustaz Solmed. Catatan itu berupa seluruh tagihan hutangnya ke April Jasmine mulai dari yang terkecil hingga total keseluruhan hutangnya. 

"April itu sih gak minjam dia bilang 'pakaim ambil semua tabungan saya ambil'. Tapi saya bilang 'saya akan catat ini sebagai hutang dan saya tidak akan pernah hapus sejarah ini sampai saya wafat insha Allah," tegasnya. 

Untungnya perlahan-lahan Ustaz Solmed dan April bisa mengatasi masalah ekonomi yang menyelimuti keluarganya. Mereka pun sekarang sedang menata kembali hal-hal yang membuat mereka hancur dan jungkir balik. 

Tag: Ustaz Solmed Ustaz Solmed Bangkrut

Bagikan: