Bercerai Karena Beda Agama, Istri Pertama Ngaku Hotma Sitompul Tak Akui Anaknya dan Tak Tanggung Biaya Pendidikan

| 26 May 2021 15:00
Bercerai Karena Beda Agama, Istri Pertama Ngaku Hotma Sitompul Tak Akui Anaknya dan Tak Tanggung Biaya Pendidikan
Rosmawaty dan Hotma Sitompul (Foto: YouTube/SCTV)

ERA.id - Baru-baru ini, sosok wanita hijab berparuh baya bernama Rosmawaty menjadi sorotan. Hal ini karena dirinya mengaku sebagai istri sah pertama dari pengacara kondang Hotma Sitompul. Pernikahan berlangsung pada 1975 dan dikaruniai satu orang anak. 

Setahun setelah menikah, Rosmawaty memutuskan untuk bercerai dengan Hotma Sitompul. Padahal, Rosmawaty saat itu tengah mengadung buah hati pertamanya bersama suami Desiree Tarigan. 

Rupanya perceraian itu terjadi karena Hotma meminta Rosmawaty untuk pindah agama dari Islam menjadi Kristen, sesuai dengan keyakinan yang dianutnya.

Namun, Rosmawaty merasa sakit hati lantaran Hotma Sitompul tak mengakui keberadaan dirinya dan anak pertamanya bernama Rahmat Saleh Effendi. 

Saat berbincang-bincang di salah satu TV swasta, Hotma Sitompul mengaku hanya memiliki empat anak dan hanya menikah dua kali untuk menutupi dirinya pernah menikah dengan Rosmawaty.

Rosmawaty mengaku Hotma Sitompul pernah memintanya untuk bertemu. Ketika bertemu, Hotma Sitompul bingung mengapa Rosmawaty tak pernah menghubunginya. Dengan tegas, Rosmawaty menganggap pengacara berusia 56 tahun itu telah tiada.

Rosmawaty (Foto: YouTube/SCTV)
Rosmawaty (Foto: YouTube/SCTV)

"Hotma meminta ketemu sama saya. 'Kenapa kamu nggak pernah hubungin saya?', kamu udah mati dalam hidup saya, saya bilang saya bukan perempuan mengejar popularitas atau harta dari orang ini," kata Rosmawaty, dikutip dari kanal YouTube Surya Citra Televisi (SCTV) pada Rabu (26/5/2021).

Rosmawaty mengaku tak pernah meminta uang sepeser pun kepada Hotma Sitompul. Ia merasa masih ada harga diri dan masih mampu membiayai sekolah anak.

"Saya nggak pernah minta, saya punya harga diri. Nggak pernah saya minta, insyaAllah keluarga saya masih mampu menyekolahkan anak sendiri, tanpa bantuan dia," papar Rosmawaty.

Meski Hotma Sitompul tak mengakui Rahmat Saleh Effendi sebagai anaknya, Rosmawaty bersyukur karena putranya itu bisa melanjutkan jenjang pendidikan hingga S2.

"Dia tak mengakui anak saya, Alhamdulillah anak saya sekolah tanpa uang sepeserpun dari Hotman sampai S2-nya. Selesai dari UI, (lalu) Teknik Komputer dari (S2) Binus biaya dari saya. Jangan dibangga-banggakan anak tirinya, disekolahkan keluar negeri," tutur Rosmawaty.

Meski begitu, Rosmawaty tak menampik anaknya pernah tinggal sebentar bersama Hotma Sitompul.

"Sebentar pernah (tinggal bersama). Sudah usia 22 tahun, bukan dari bayi. Dia nggak pernah lihat dari bayi." tutupnya.

Rekomendasi