Tuai Pro Kontra, Viral Tanaman Raksasa yang Jadi Rumah Bagi Pulau Sakhalin Rusia

| 24 Jun 2021 08:02
Tuai Pro Kontra, Viral Tanaman Raksasa yang Jadi Rumah Bagi Pulau Sakhalin Rusia
Tanaman raksasa di Sakhalin (Foto: Oddity Central)

ERA.id - Terletak di Timur Jauh Rusia, pulau Sakhalin diduga merupakan rumah bagi versi raksasa tanaman umum seperti soba, burdock, dan butterbur yang dapat tumbuh hingga 5 meter.

Dilansir dari Oddity Central pada Kamis (24/6/2021), Sakhalin dikenal sebagai pulau terbesar di Federasi Rusia, serta titik pertikaian antara Jepang dan Rusia selama berabad-abad.

Lebih dari satu dekade, pulau paling utara di kepulauan Jepang, serta Kepulauan Kuril di dekatnya adalah rumah bagi versi tanaman herbal biasanya dengan proporsi yang benar-benar raksasa. Tanaman ini biasanya rata-rata mencapai lutut orang dewasa, di pulau-pulau ini beberapa kali tanaman tumbuh setinggi manusia.

Tanaman raksasa di Sakhalin (Foto: Oddity Central)
Tanaman raksasa di Sakhalin (Foto: Oddity Central)

Menurut laporan tahun 2009 di surat kabar Rusia Izvestia, para ilmuwan Rusia telah lama mempelajari tanaman raksasa yang tumbuh di daerah tertentu di Pulau Sakhalin. Tanaman soba setinggi 3 meter, daun burdock yang mencapai 5 meter terdengar seperti sesuatu dari Jack and the Beanstock.

Tetapi, foto-foto tanaman raksasa yang beredar di media sosial menunjukkan ada beberapa kebenaran dari klaim ini. Para peneliti dari Institut Geologi dan Geofisika Kelautan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dilaporkan melakukan penelitian terhadap tanaman herbal berukuran besar yang tidak biasa di 12 wilayah berbeda di selatan pulau Sakhalin dan Kunashir.

Mereka menemukan tanaman raksasa hanya tumbuh di wilayah tertentu, pulau-pulau, dan tampaknya dipengaruhi oleh aktivitas tektonik yang sering menghasilkan panas yang signifikan, di antara faktor-faktor lainnya.

Tanaman raksasa di Sakhalin (Foto: Oddity Central)
Tanaman raksasa di Sakhalin (Foto: Oddity Central)

Rupanya, ukuran rumput yang mengesankan tidak ada hubungannya dengan tanaman itu sendiri, dan lebih banyak lagi dengan lingkungan. Ketika dikeluarkan dari lingkungan dan ditanam di tempat lain, mereka hanya tumbuh ke ukuran biasa. Tanaman raksasa tumbuh di tanah gley, tergenang air yang terletak di atas patahan kerak bumi, di mana sejumlah besar panas dan hidrokarbon minyak bumi disuplai ke akar tanaman.

Konsentrasi yang lebih tinggi dari senyawa tembaga dan kromium juga diidentifikasi sebagai faktor potensial pertumbuhan yang luar biasa. Foto tanaman raksasa ini, termasuk soba, burdock, dan butterbur yang diduga tumbuh di Sakhalin dan beberapa pulau Kuril.

Belakangan ini, tanaman raksasa di Sakhalin menjadi viral di media sosial Rusia. Sehingga, mendapatkan komentar publik yang beragam. Beberapa netizen mengklaim tanaman tersebut tumbuh di Timur Jauh dan membenarkan ketinggian tanaman. Namun, ada pun netizen lain menolak dan mengklaim tanaman raksasa di pulau Sakhalin sebagai cerita belaka.

Tags : tanaman Sakhalin
Rekomendasi