Bintang Emon Sindir Menteri Nonton Sinetron Saat PPKM, Tuai Pro Kontra Netizen: Salahnya di Mana?

| 18 Jul 2021 10:14
Bintang Emon Sindir Menteri Nonton Sinetron Saat PPKM, Tuai Pro Kontra Netizen: Salahnya di Mana?
Bintang Emon (Foto: IG @bintangemon)

ERA.id - Komika Bintang Emon mengutarakan sindiran pedas kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, yang menyatakan bahwa ia sering menonton sinetron Ikatan Cinta. Menurut Bintang, pernyataan Mahfud MD sama sekali tak menunjukkan rasa prihatinnya akan kondisi banyaknya masyarakat yang kesulitan di tengah pandemi COVID-19.

Bagi Bintang, seorang menteri yang menonton sinetron adalah hal biasa karena mereka juga manusia dan butuh hiburan. Namun, menurutnya hal tersebut tak perlu diungkapkan ke publik terlebih di tengah sulitnya keadaan saat PPKM darurat saat ini.

"Gue setuju menteri itu manusia biasa juga. Jadi wajar aja menurutku kalo pak menteri nonton sinetron. Tapi menurut gua gak usah cerita-cerita, sekarang situasi lagi kritis nih. Ada yang dagangannya dirazia, ada yang nggak boleh kerja, ada yang kena oknum galak," ujar Bintang Emon, lewat video Instagram Storiesnya, yang diunggah ulang oleh tante_rempong_official.

Sindiran Bintang Emon (Foto: Screenshoot IG) 

Komika berusia 25 tahun itu mengatakan seharusnya menteri membantu masyarakat yang terkena dampak dari peraturan pemerintah saat pandemi ini. Menurutnya, menteri tak seharusnya memperlihatkan keadaan hidup mereka yang masih makmur.

"Bapak yang memangku kebijakan, bapak yang bertanggung jawab, terus ngaku lagi nonton sinetron kan lucu. Jangan kelihatan banget makmurnya. Jam 7 udah ada di depan TV, padahal ada yang jam 7 dagangannya ditarik karena udah gak boleh dagang," lanjut Bintang.

Namun, sindiran Bintang kali ini untuk pejabat pemerintahan malah menuai pro kontra di kalangan netizen. Mereka mengatakan bahwa menteri tersebut menonton sinetron Ikatan Cinta dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai hukum.

"Salahnya di mana? Justru bagus bisa mengoreksi kesalahan hukum yg dipertontonkan," kata salah satu akun.

"Menurutku sih ya, pak Mahfud MD cuma ngasih tau terutama bagi yang awam hukum. Di situ ada adegan yang berkenaan dgn hukum dan disajikan kurang pas, ada pelajaran yang coba beliau tekankan di sini," ujar yang lainnya.

"Nonton sinetron juga dia koreksi kesalahan-kesalahan hukum di situ," sambung yang lainnya.

Sementara itu, sebelumnya melalui cuitan di Twitternya, Mahfud MD mengungkapkan bahwa dirinya menyukai menonton sinteron Ikatan Cinta, meski alur ceritanya berputar-putar.

"PPKM memberi kesempatan kepada saya nonton serial sinetron Ikatan Cinta. Asyik juga sih, meski agak muter-muter," tulis Mahfud

Mahfud juga memberikan penjelasan mengenai kesalahan riset hukum yang dilakukan penulis sinetron tersebut. Hal ini karena ada satu adegan di mana seorang pemerannya yang mengaku melakukan pembunuhan langsung ditahan oleh kepolisian.

"Tapi pemahaman hukum penulis cerita kurang pas. Sarah, yang mengaku dan minta dihukum karena membunuh Roy, langsung ditahan. Padahal pengakuan dalam hukum pidana itu bukan bukti yang kuat," jelas Mahfud.

Rekomendasi