3 Selebritas Gay Ini Ungkap Diskriminasi di Industri Hiburan Korea: Dipecat dari Agency hingga Ditolak Tampil di TV

| 23 Jul 2021 23:05
3 Selebritas Gay Ini Ungkap Diskriminasi di Industri Hiburan Korea: Dipecat dari Agency hingga Ditolak Tampil di TV
Diskriminasi Korea Selatan (Dok: Instagram)

ERA.id - Industri hiburan Korea Selatan terkenal dengan stigma negatif terhadap LGBTQ+. Bahkan tak sedikit selebritas yang mengalami diskriminasi lantaran memiliki ketertarikan dengan sesama jenis.

Baru-baru ini penggemar Kpop khususnya pendukung JYP Entertainment dihebohkan oleh pengakuan seorang mantan trainee yang mengaku mendapat diskriminasi lantaran penyuka sesama jenis, KilliAN. Rupanya pengalaman itu bukan hanya dirasakan olehnya, beberapa selebritas di Korea Selatan juga mengalami hal serupa.

Berikut ini 3 selebritas Korea Selatan yang mengalami diskriminasi di indistri hiburan Korea karena penyuka sesama jenis:

Hong Seok Cheon

Hong Seok Cheon (Dok: AsianWiki)
Hong Seok Cheon (Dok: AsianWiki)

Pengalaman pahit tentang diskriminasi seksualitas pernah menimpa Hong Seok Cheon. Dia mulai menyadari sebagai gay ketika dia masih duduk di bangku sekolah dasar. Tetapi dia memutusukan untuk merahasiakan orientasi seksualnya hingga berusia 30 tahun.

Setelah bertahun-tahun berjuang dengan identitasnya, dia pun memutuskan untuk mengumumkan dirinya sebagai gay di tahun 2000. Hong Seok Cheon pun memberi tahu Jessi bahwa dirinya butuh tiga tahun penuh sebelum akhirnya bisa tampil ke dalam siaran lagi.

"Saya berpikir, 'Akankah orang-orang akhirnya menerima orang-orang seperti saya di dekade baru ini?' karena paradigmanya berubah. Jadi saya akhirnya memutuskan untuk keluar pada tahun 2000, tetapi semuanya sama saja. Saya mengalami waktu yang sangat sulit dan selama sekitar 3 tahun, saya tidak dapat datang di siaran apa pun," kata Hing Seok Cheon.

Lalu, kata Seok Cheon, dia juga masih harus berusaha dengan sentimen negatif publik. Tidak sedikit para pendengarnya melayangkan protes agar dirinya tidak bisa terlibat ke dalam drama Perfect Love.

"Saya kembali di KDrama SBS, Perfect Love. Setelah publik mengetahui tentang casting saya di serial ini, orang-orang memprotes di depan SBS dengan poster besar yang mengatakan 'Hong Seok Cheon tidak boleh ada di acara itu'," kenangnya.

Namun usaha dan perjuangan Hong Seok Cheon akhirnya membuahkan hasil yang manis. Pihak SBS justru tidak menggubris protes penggemar dan tetap mempertahankan Hong Seok Cheon di proyek drama Perfect Love.

"Produser dan penulis drama berkata, 'Dia tidak melakukan kesalahan. Mengapa Anda memperlakukannya seperti ini?" tegasnya.

Holland

Holland (Instagram/holland_vvv)
Holland (Instagram/holland_vvv)

Musisi yang sempat mencuri perhatian publik, Holland juga menjadi bagian selebritas penyuka sesama jenis di Korea Selatan. Hal ini pertama kali terungkap kala ia merilis karya terbarunya dan menyampaikan pesar bahwa dirinya penyuka sesama jenis.

"Saya akan memperjuangkan hak-hak komunitas LGBT di Korea. Semua tindakan yang saya ramalkan dari musik saya, pesan yang saya kirim, dan apa yang saya tulis, semua itu bertujuan untuk menyelesaikan dan mengubah pandangan tradisional di Korea," kata Holland kepada MailOnline.

Selain diintimidasi oleh rekan-rekannya, Holland juga mengalami diskriminasi secara halus. Apalagi sejak dia terbuka dengan orientasi seksualnya membuat dia kehilangan kesempatan untuk bekerja.

"Saya merasa jika seseorang memiliki masalah dengan saya karena seksualitas saya, maka mereka bahkan tidak akan bekerja dengan saya sejak awal," kenangnya.

Kabarnya bisnis musik di Korea Selatan tidak selalu terbuka bagi musisi dengan orientasi seksual berbeda. Namun dia menegaskan dirinya menerima banyak dukungan dari komunitas LGBT dan beberapa orang yang mendukungnya.

KilliAN

KilliAN (Instagram)
KilliAN (Instagram/@jl_killian)

Baru-baru ini, seorang mantan trainee YG Entertainment, KilliAN mengungkap dirinya dikeluarkan dari agensi setelah hubungan sesama jenisnya terbongkar. Padahal saat ia pergi ke Korea Selatan dengan usia 14 tahun, KilliAN sangat gigih dan hampir debut dengan 2PM dan 2AM.

"Saya gay, tetapi orang Korea sangat konservatif tentang homoseksual pada waktu itu. Jadi pada akhirnya, mereka meminta saya untuk pergi karena itu," kata KilliAN.

Diketahui KilliAN saat itu berkencan dengan sesama trainee pria di JYP Entertainment. Hingga akhirnya dia memilih untuk kembali ke Hong Kong setelah melewati berbagai macam cobaan selama di Korea Selatan.

Itu lah tiga selebritas gay yang mengalami diskriminasi selama berkarier di industri Hiburan Korea Selatan.                                                                                                             

Rekomendasi