7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer dan Cocok Dirawat untuk Aquarium atau Kolam Rumah

| 01 Sep 2021 09:00
7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer dan Cocok Dirawat untuk Aquarium atau Kolam Rumah
Ikan cupang (Foto: Unsplash/Worachat Sodsri)

ERA.id - Memelihara ikan di akuarium yang dipasang di rumah bisa menjadi hobi yang penuh petualangan dan menyenangkan karena  menciptakan dunia akuatik sendiri, menghiasnya seperti yang diinginkan dan mengisinya dengan ikan yang disukai. Memiliki tangki ikan sendiri tidak hanya membuat rumah menjadi tempat yang modern dengan karakter. Tetapi, juga memberikan aktivitas yang tenang serta santai saat menyaksikan pawang yang penuh warna berenang dan bermain satu sama lain, hingga membawa kehidupan ke dalam ruangan.

Ikan pasti salah satu hewan peliharaan terbaik di dunia. Mereka tidak membuat kekacauan di rumah, tinggal di salah satu sudut dan hanya perlu diberi makan sekali atau dua kali sehari. Kamu mungkin telah memilih tangki ikan dan melakukan penelitian tentang cara membuat akuarium.

Di sini kita membahas berbagai jenis ikan akuarium berdasarkan ukuran, penampilan, kebutuhan makanan, persyaratan pemeliharaan, dan tingkat keramahannya. Apakah kamu seorang pemilik ikan pertama kali atau seorang aquarist (pecinta ikan) sejati? Berikut ini adalah varietas ikan terbaik untuk tujuan hiburan dan dekoratif yang benar-benar perlu di ketahui, seperti dilansir dari Home Strasphere, Rabu (1/9/2021).

1. Ikan mas

Ikan mas (Foto: Pexels/Chait Goli)
Ikan mas (Foto: Pexels/Chait Goli)

Tidak disangkal bahwa ikan mas adalah spesies paling terkenal dan paling umum di antara aquarists dalam hal ikan tangki. Ikan mas berasal dari Dinasti Jin di Cina (265 – 420 M), saat ini ada lebih dari 200 jenis ikan mas yang diakui di seluruh dunia. Yang paling terkenal di antara mereka termasuk ikan mas biasa, ikan mas lionhead (dengan tudung mewah), ikan mas teleskop (dengan mata menonjol besar), veitail (dengan ekor rumit seperti kerudung yang mengalir) dan pompom (tubuh bulat pendek dengan sirip berdaging).

Ikan mas terkenal di kalangan aquarists karena umumnya mudah dirawat. Mereka dapat disimpan sendiri tanpa perlu menambahkan lebih banyak variasi dan tetap membuat tangki ikan yang mengesankan karena keindahannya yang megah.

2. Guppy

Guppy disebut ikan juta atau ikan pelangi dan paling terkenal untuk akuarium. Guppy pertama kali ditemukan di wilayah alami di timur laut Amerika Selatan. Ikan jenis ini tidak diragukan lagi adalah ikan akuarium yang paling keras karena mereka dapat bertahan hidup lebih dari seminggu tanpa diberi makan sama sekali.

Mereka tidak terlalu selektif dalam hal diet dan senang dengan berbagai pakan ikan seperti cacing darah, udang air asin (beku atau hidup), daphnia (krustasea air kecil yang disebut kutu air) atau bahkan hanya serpihan ikan biasa. Ikan akuarium yang cantik ini hadir dalam berbagai kombinasi warna yang indah sehingga kamu dapat dengan mudah memilih salah satu yang sesuai dengan gayamu.

Kecuali, jika kamu ingin memeliharanya untuk tujuan pembiakan, ingatlah bahwa guppy suka bereproduksi. Jadi, jika kamu tidak ingin ikan guppy di akuarium berkembang biak dengan cepat dalam waktu singkat, yang terbaik adalah memelihara semua ikan guppy jantan atau betina.

3. Neon Tetra

Neon Tetra (Foto: wallpapercave)
Neon Tetra (Foto: wallpapercave)

Tumbuh memiliki panjang sebesar 3 cm (kira-kira 1,5 inci). Neon Tetra adalah ikan kecil tapi benar-benar menarik. Berasal dari saluran air alami Amerika Selatan, ikan halus ini memiliki warna-warna cerah seperti garis oranye warna-warni di atas tubuh perak mengkilap. Hal ini membuat mereka mudah dikenali bahkan di aliran blackwater meskipun ukurannya mini. Mereka memiliki diet sederhana dan akan tetap sehat bahkan jika diberi makan serpihan ikan dasar.

Neon Tetra adalah ikan yang sangat ramah yang lebih suka tinggal berkelompok. Belilah ikan ini sebanyak yang kamu mau karena semakin besar kelompoknya, semakin bahagia mereka.

4. Platy

Berasal dari pantai timur Amerika Tengah dan Meksiko Selatan, platy adalah ikan air tawar yang merupakan pilihan yang baik untuk dipelihara di akuarium. Mereka ramah di alam dan akan cocok dengan spesies lain di dalam tangki selama mereka tidak agresif. Platy tidak terlalu menuntut dalam hal memberi makan dan akan memakan sebagian besar jenis serpihan yang berbeda atau bahkan makanan hidup beku yang dapat diberikan sesekali.

Karena pembiakan selektif selama bertahun-tahun, platy sekarang tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Yang paling mencolok termasuk Rainbow Platy yang memiliki percikan nila berkilauan dan sisik perak serta sirip dan ekor biru kobalt dan Mickey Mouse Platy yang memiliki ekor hitam pada tubuh krem serta putih keemasan.

5. Danio

Danio (Foto: worldlifeexpectancy)
Danio (Foto: worldlifeexpectancy)

Sempurna untuk pemula, Danios adalah ikan akuarium tangguh yang akan tumbuh dengan baik di berbagai lingkungan dan puas dengan makanan ikan biasa. Ikan ini berasal dari wilayah Himalaya dan dapat tumbuh hingga panjangnya 6,4 cm (atau 2,5 inci). Namun, ukuran rata-rata mereka hanya 4 cm (atas). dan mereka memiliki umur hampir tiga tahun jika disimpan dalam kondisi yang tepat. Danios bisa datang dalam kombinasi warna yang berbeda seperti garis-garis horizontal oranye terang pada tubuh biru langit. Danios yang paling populer termasuk Danios Raksasa dan Zebra Danios, yang disebut demikian karena garis hitam dan putih peraknya menyerupai pola pada zebra.

Danio adalah ikan yang aktif sehingga kamu akan senang melihat mereka berpindah dengan lincah dari satu sudut tangki ke sudut lainnya dengan kecepatan luar biasa.

6. Cupang

Betta atau cupang adalah ikan akuarium indah yang tidak ingin kamu lewatkan. Dalam persaingan ketat dengan ikan mas biasa, cupang adalah jenis ikan terpopuler kedua yang menjadi favorit sepanjang masa di antara aquarist pemula dan ahli.

Beta datang dalam berbagai warna cerah yang berbeda seperti oranye intens, biru kaya, merah muda mengejutkan dan sebagainya. Sudah menjadi praktik umum untuk menjual cupang dalam 'mangkuk cupang' kecil sering kali dalam bentuk penanam atau bagian tengah untuk meja. Namun, vas seperti itu bukan yang paling cocok untuk keindahan yang mempesona ini. Cupang harus ditempatkan di tangki dengan kapasitas minimal 2 galon dan memiliki ruang yang cukup untuk berenang. Makhluk-makhluk ini lebih menyukai makanan hidup tetapi juga dapat dibesarkan di atas serpih atau makanan ikan beku. Cupang tumbuh hingga 3 inci panjang dan memiliki umur sekitar 3 tahun.

Mencapai hingga 2 inci saat dewasa, Cherry Barb adalah ikan pemeliharaan rendah lainnya meskipun mereka mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menetap daripada kebanyakan spesies lain yang tercantum di atas. Ikan yang menakjubkan ini mendapatkan namanya karena fakta bahwa ia basah kuyup dalam warna merah cerah dari kepala hingga ekor. Penampilan mereka yang mencolok ditambah dengan sifatnya yang sangat energik memberikan tempat yang menonjol di antara jenis ikan terbaik untuk tujuan hiburan.

7. Kuhli Loach

Kuhli Loach (Foto: Wide Open Pets)
Kuhli Loach (Foto: Wide Open Pets)

Jenis ikan akuarium ini benar-benar unik dalam segala hal. Berasal dari Indonesia dan Semenanjung Malaya, Kohli Loach adalah ikan seperti ular yang sangat mirip dengan belut, kecuali bahwa ia jauh lebih tampan dan merupakan tambahan yang bagus untuk tangki ikan. Ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi air yang berbeda serta bercampur dengan baik dengan orang lain di dalam tangki. Saat dewasa, Kohli Loach bisa mencapai panjang sekitar 7 cm hingga 10 cm dan hidup selama satu dekade atau bahkan lebih!

Ikan ini memiliki tubuh ramping dan ramping yang menonjolkan segmen vertikal berwarna coklat tua atau hitam yang bergantian dengan bagian merah muda muda hingga kuning di antaranya. Kohli Loach suka makan pelet ikan, tetapi juga senang hidup dari pakan tambahan seperti udang dan cacing yang telah tenggelam ke dasar tangki. Saat memelihara Kohli Loach di akuarium komunitas, penting untuk tidak menyimpannya dengan spesies besar yang mungkin salah mengira mereka sebagai makanan. Juga, ikan ini ingin ditemani, jadi yang terbaik adalah membelinya berpasangan atau lebih baik lagi, dalam kelompok yang terdiri dari setidaknya tiga anggota.

Rekomendasi