Cerita Perjuangan Ari Lasso Jalani Operasi Tumor di Limpa hingga Bersyukur Terpapar COVID-19

| 07 Sep 2021 12:15
Cerita Perjuangan Ari Lasso Jalani Operasi Tumor di Limpa hingga Bersyukur Terpapar COVID-19
Ari Lasso (Foto: Screenshoot YouTube)

ERA.id - Ari Lasso akhirnya mengungkapkan penyakit yang ia derita, yang mengharuskannya menjalani operasi besar beberapa waktu lalu. Ternyata Ari menderita penyakit tumor yang bersemayam di limpa.

Juri Indonesian Idol itu menyatakan lewat video di kanal YouTubenya bahwa awalnya ia mengalami nyeri pada bagian perut pada 27 Juli 2021. Namun, ia merasa itu wajar karena sudah sering mengalami hal itu, mengingat ia memiliki riwayat penyakit asam lambung.

Kemudian rasa sakit yang dirasakan Ari tidak seperti biasanya. Ia merasa perutnya seperti ditusuk dan membuatnya kesulitan melakukan kegiatan, bahkan harus menunda syuting video klip untuk lagu terbarunya. Merasa tak wajar, Ari akhirnya memutuskan untuk ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan, pada awal Agustus 2021.

"Setelah dilakukan USG, dicurigai ada sebuah massa padat atau tumor atau sel yang tumbuh di luar kewajaran di dalam limpaku," ujar Ari.

Mengetahui hal itu, Ari pun merasa kaget dan tidak menyangka bisa mengidap penyakit tersebut. Dikarenakan kondisinya yang tak kunjung membaik dan membuatnya tidak bisa berkegiatan, maka diputuskanlah untuk ia menjalani operasi.

"Sampai akhirnya diputuskanlah untuk dilakukan operasi. Operasi pengambilan ada beberapa skenario yaitu pakai laparoskopi diambil tumornya saja. Kemudian laparoskopi diambil sama limpanya atau apabila terjadi hal di luar kontrol terpaksa lakukan pembedahan total," jelasnya.

Akhirnya pelanjut lagu "Mengejar Matahari" itu menjalani operasi pada 20 Agustus 2021 lalu. Operasi yang dijalani adalah pembedahan total karena terjadi pendarahan yang cukup hebat, mengingat limpa memang bagian tempat pembuluh darah yang jika tersentuh sedikit bisa bahaya.

Lebih lanjut, Ari merasa bersyukur sebelumnya ia sempat terpapar COVID-19. Dengan terpapar, Ari menjadi rajin berolahraga khususnya lari, yang membuatnya bisa mengetahui mengidap penyakit berbahaya. Dengan olahraga tumor bergesekan dengan lambung yang menimbulkan rasa sakit.

"Kalau sampai aku enggak olahraga, mungkin aku nggak akan tahu ini sampai bertahun-tahun lagi dan mungkin sudah menguasai tubuhku. Jadi aku tetap bersyukur dengan keadaan ini," pungkasnya.

Rekomendasi