Lebih Menawan dan Elegan, 5 Tanaman yang Dapat Diletakkan di Akuarium Ikan Cupang

Tim Editor

Akuarium Ikan Cupang (Foto: Instagram/@aquabat3000)

ERA.id - Memelihara ikan cupang masih menjadi tren ditahun 2021. Masih banyak orang yang menggeluti hobi merawat ikan cupang di akuarium. Supaya membuat ikan cupang aman, biasanya menempatkan tanaman di akuarium. 

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Rabu (20/1/2021), terdapat dua jenis tanaman hidup yang dimasukkan ke dalam akuarium ikan cupang, yaitu tanaman terendam dan terapung. Berikut beberapa tanaman yang bisa diletakkan dalam akuarium agar terlihat elegan dan menawan.

1. Java Fern

Java Fern (Foto: Instagram/@bettasandfriends)

Java Fern atau Pakis Jawa adalah tumbuhan asli Asia Tenggara. Mereka dapat ditanam di dalam dan di luar air. Jika, kamu ingin tumbuh lebih banyak, kamu perlu hanya perlu membelah rimpang dan menanamnya. Perlu kamu ketahui bahwa Java fern bisa tumbuh cukup besar. 

Jika kamu ingin tumbuh lebih banyak, maka kamu perlu membelah rimpang dan menanamnya. Jika dibiarkan hidup, Java Fern bisa tumbuh setinggi 13 inci dan lebar 6-8 inci. 

2. Java Moss

Java Moss (Foto: Instagram/@greatnorthernscapes)

Java Moss adalah salah satu tanaman terbaik untuk akuarium ikan cupang karena dapat bertahan dalam kondisi apa pun. Java Moss adalah tanaman lain yang tak perlu dibenamkan akarnya. Melainkan akan menempel di batu, kayu apung, dan dekorasi di akuarium. Tanaman satu ini sangat bagus untuk melapisi akuarium dan dapat menempelkannya di hampir semua tempat. Java Moss dapat bertahan dalam pH antara 5-8, yang merupakan kisaran yang sangat luas.

3. Hornwort

Hornwort (Foto: Instagram/@mediocreplantlady)

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah hornwort atau lumut tanduk juga membutuhkan sedikit perawatan lebih. Jika dibiarkan, panjangnya bisa mencapai 10 kaki. Jika ingin memelihara lumut tanduk, kamu memerlukan tangki yang besar di antara 15-30 derajat celsius, itu akan tumbuh dengan baik. pH yang paling baik adalah antara 6 hingga 7,5.

4. Anacharis

Anacharis (Foto: Instagram/@lalemsphotography)

Selanjutnya adalah anacharis atau elodea atau gulma air. Tanaman ini memiliki daya tahan yang kuat, sehingga mudah dirawat. Saat memelihara anacharis di dalam akuarium, kamu harus menjaga tingkat pH sedekat mungkin dengan netral. 

Anacharis membutuhkan cahaya sedang di dalam akuarium, tetapi jika jumlahnya terlalu banyak maka kamu juga bisa menyebabkan lebih banyak alga tumbuh di dalam tangki. Saat menanam anacharis, kamu harus menanamnya cukup dalam. Setiap batang harus dikubur sedalam 2 inci sehingga akarnya memiliki banyak ruang untuk mulai tumbuh.

5. Umbi Betta

Dinamai berdasarkan ikan yang paling menyukainya, umbi cupang adalah tanaman yang bagus untuk membuat akuarium Anda terlihat fantastis. Umbi ikan cupang umumnya merupakan campuran dari berbagai macam umbi Aponogeton yang dapat berasal dari Afrika, Asia, dan Australasia.

Beberapa orang merekomendasikan hanya memiliki umbi cupang di tangki kamu selama setengah tahun dan kemudian menyimpannya untuk setengah lainnya. Umbi ikan cupang tidak memerlukan perawatan khusus dalam hal kebutuhan pH dan suhu. Mereka hanya membutuhkan tingkat pH antara 6,5 hingga 7,5 dan suhu antara 22 hingga 27 derajat celsius.

Tag: Akuarium Ikan Cupang Tanaman Hias

Bagikan: