Jangan Sampai Tertipu, Ini Cara Membedakan Tanaman Janda Bolong Ratusan Juta dengan Rp30 Ribuan

| 30 Jan 2021 08:15
Jangan Sampai Tertipu, Ini Cara Membedakan Tanaman Janda Bolong Ratusan Juta dengan Rp30 Ribuan
Janda bolong (Foto: Instagram/@crystalgarden2008)

ERA.idJanda bolong terbilang tanaman hias yang unik karena memiliki lubang pada permukaann daunnya. Tekstur daunnya lebih tipis dan lembut. Ukurannya juga relatif kecil dan mungil sangat cocok untuk dekorasi dalam rumah atau hiasan outdoor. 

Yang membuat janda bolong viral bukanlah bentuknya. Melainkan, harganya yang mencapai ratusan juta. Tetapi, tak semua jenis janda bolong seharga selangit. Ada juga janda bolong yang harga kisarannya Rp30 ribuan.

Supaya tak tertipu, kamu harus mengenali mana janda bolong yang harganya ratusan dan mana yang hanya Rp30 ribuan.

Dilansir dari kanal YouTube JosTV, Janda bolong yang mahal adalah janda bolong mahal adalah jenis Monstera Adasonii Variegata. Janda bolong jenis dibanderol harga fantastis karena mengalami mutasi genetik secara alami. Sehingga, tanaman ini dijual seharga Rp40 juta hingga Rp120 juta tergantung ukurannya.

Daunnya mengalami perubahan warna dan hasil mutasi menghasilkan perpaduan warna hijau dan putih. Bahkan, 1 pot dengan 3 helai dibanderol Rp90 juta.

Janda Bolong Monstera Adasonii Variegata (Foto: Instagram/@pusat_tanaman_id)

Sementara, janda bolong jenis Monstera Adasonii Variegata yang anakan dengan daun kecil-kecil seharga Rp45 juta. Tak hanya jenis Monstera Adasonii Variegata, janda zbolong jenis Monstera Obliqua termasuk dalam salah satu janda bolong termahal.

Janda Bolong Monstera Obliqua (Foto: Instagram/@notanotherjungle)

Daun, ukuran, dan penampilan daun janda bolong jenis Monstera Obliqua sekilas mirip dengan Monstera Adasonii Variegata. Satu pot janda bolong jenis Monstera Obliqua dengan jumlah 3 helai daun seharga Rp120 juta. Janda bolong jenis ini sangat langka dan jarang dijumpai sehingga harga jualnya sangat tinggi.

Janda Bolong Monstera Adansonii (Foto: Instagram/@casa.deltafive)

Bicara soal harga, janda bolong yang paling murah adalah Monstera Adansonii. Tanaman hias ini, jauh lebih mudah untuk berkembang biak. Kamu bakal menemukan tanaman ini di banyak toko bunga atau tanaman. Di pasaran, Monstera Adansonii ukuran sedang dibandrol dengan kisaran harga Rp30 ribu - Rp50 ribu. Berbeda dengan Monstera Adasonii Variegata yang 1 pot dengan 3 helai harganya hampir ratusan juta. 

Rekomendasi