Viral Maling Ganti Janda Bolong dengan 'Janda Boong', Berapa Harga Aslinya?

Tim Editor

Janda bolong dan janda boong (Foto: TikTok/@noviarp07)

ERA.id - Hobi bercocok tanaman menjadi booming di Indonesia. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang sedang naik daun dan jadi incaran para pelaku pencurian. Salah satu tanaman yang banyak diburu orang saat ini adalah janda bolong.

Bukan tanaman jenis baru, tanaman janda bolong jenis Monstera Adansonii Variegata yang mendadak viral dan bikin geger karena harganya selangit. Janda bolong satu ini bisa dijual hingga ratusan juta rupiah.

Harganya yang bisa dijual hingga ratusan juta rupiah, rupanya jadi sasaran empuk bagi para pelaku pencurian menjalankan aksinya. Sehingga, tak sedikit para pemilik ada yang kehilangan janda bolong.

Salah satunya akun TikTok @noviarp07 yang membagikan kisah sedihnya. Ia mengaku janda bolongnya yang dirawatnya sampai subur, hilang dicuri maling.

Janda bolong (Foto: TikTok/@noviarp07)

Meski sedih janda bolongnya hilang, namun maling itu sempat membuat aksi yang tak terduga. Ia sempat-sempatnya mengganti tanaman janda bolong asli dengan 'janda boong'. 

Maksud dari 'janda boong' adalah tanaman yang sudah layu atau mati dan daunnya dibolongi sendiri agar mirip janda bolong.

Janda boong (Foto: TikTok/@noviarp07)

"Hati-hati buat emak-emak yang punya janda bolong berubah jadi janda boong. Kok bisa??," tulisnya.

"Jadi aku punya janda bolong udah layu, terus aku rawat. Udah seger daunnya lima. Kemarin sore pas siram tanaman daunnya tinggal tiga lagi, yang dua diambil maling. Paginya, aku lihat janda bolongnya udah berubah jadi janda boong gini," lanjutnya.

Janda bolong yang mahal adalah janda bolong mahal adalah jenis Monstera Adasonii Variegata. Janda bolong jenis ini dibanderol harga fantastis karena mengalami mutasi genetik secara alami. Sehingga, tanaman ini dijual seharga Rp40 juta hingga Rp120 juta tergantung ukurannya. 

Monstera Adasonii Variegata (Foto: Instagram/@bunga_hiascantik.id)

Daunnya mengalami perubahan warna dan hasil mutasi menghasilkan perpaduan warna hijau dan putih. Bahkan, 1 pot dengan 3 helai dibanderol Rp90 juta.

Sementara, janda bolong jenis Monstera Adasonii Variegata yang anakan dengan daun kecil-kecil seharga Rp45 juta. Tak hanya jenis Monstera Adasonii Variegata, janda bolong jenis Monstera Obliqua termasuk dalam salah satu janda bolong termahal.

Monstera Obliqua (Foto: Instagram/@botaniquelife)

Satu pot janda bolong jenis Monstera Obliqua dengan jumlah 3 helai daun seharga Rp120 juta. Janda bolong jenis ini sangat langka dan jarang dijumpai sehingga harga jualnya sangat tinggi.

Tag: Janda Bolong Tanaman Hias

Bagikan: