Bintang Squid Game Jung Ho Yeon Ungkap Perjalanan Karier dari Model Hingga Aktris: Sempat Kurang Percaya Diri dan Merasa Gagal

| 24 Sep 2021 19:35
Jung Ho Yeon (Dok: W Korea)

ERA.id - Model sekaligus aktris Jung Ho Yeon mulai dikenal publik berkat kesuksesannya membintangi film Squid Game. Namanya kian populer dan dinilai cukup berbakat sebagai seorang aktris.

Jauh sebelum berkarier sebagai seorang aktris, Jung Ho Yeon sudah lebih dulu meniti karier sebagaoi seorang model sejak usia 16 tahun. Dia bahkan berhasil menempati posisi kedua Korea’s Next Top Model.

Namun kariernya di atas catwalk dan di depan kamera perlahan berubah saat dirinya menjajal akting dan debut lewat film Squid Game. Baru-baru ini dia pun bercerita tentang perjuangan kariernya yang dinilai sulit mulai dari model hingga menjadi seorang aktris.

"Sebenarnya, ketika saya pertama kali mulai menjadi model, saya tidak punya motivasi. Ketika saya di sekolah menengah, saya seperti, 'Ketika Anda dewasa, apa yang harus Anda lakukan untuk mencari nafkah?' Setelah memikirkannya, saya mulai menjadi model," kata Jung Ho Yeon, dikutip Koreaboo, Jumat (24/9/2021).

Jung Ho Yeon (Dok: W Korea)
Jung Ho Yeon (Dok: W Korea)


Lalu, kata Jung Ho Yeon, di masa awal kariernya sebagai model dia mengaku hal itu tidak berjalan baik. Namun seiring berjalannya waktu proses itu justru sangat menyenangkan bagi dirinya.

Jung Ho Yeon pun mulai menemukan kenyamanan sekaligus kesenangan dalam proses tersebut dan menggunakan waktu itu sebagai kekuatan pendukungnya.

Namun di satu sisi dia sempat merasa bahwa kehidupan dan dunia model bukanlah dirinya yang sesungguhnya. Hal ini lantaran ada banyak 'kepalsuan' lantaran banyak membagikan kegiatan yang penuh dengan gemerlap dan kemewahan.

"Terkadang aku merasa seperti aku hidup. Tetapi pada titik tertentu, saya berpikir, 'Apakah saya benar-benar orang ini?' Orang-orang menyukai penampilan saya yang berkilau, tetapi bagi saya, saya orang yang jauh berbeda darinya," ungkapnya.

Model kelahiran 23 Juni 1994 secara keseluruhan menganggap kehidupannya sebagai model sangat sibuk dan cukup kesepian. Hal ini lantaran dia punya banyak waktu sendirian.

Dengan waktu luang yang sangat banyak itu, dia pun mulai memanfaatkan kegiatannya dengan menonton film hingga membaca buku, yang akhirnya membuat dirinya tertarik untuk terjun ke dunia akting.

"Pada hari libur, saya menghabiskan waktu sendirian di rumah menonton film, membaca buku, dan merenung. Sekarang saya memikirkannya, jika saya tidak punya waktu itu, saya mungkin tidak akan bisa berakting," ujarnya.

Jung Ho Yeon (Dok: W Korea)
Jung Ho Yeon (Dok: W Korea)


Bukan hanya itu saja, untuk menghilangkan kesepiannya dia juga mengisi masa liburannya dengan mengambil kelas akting di Korea Selatan. Jung Ho Yeon tercatat pindah ke New York untuk mengejar kariernya di bidang modeling selama beberapa tahun.

Setelah itu dia kembali ke Korea Selatan dan mencoba tantangan baru di bidang akting. Dia pun akhirnya memasuki manajemen akting barunya, Jung Ho Yeon secara tak terduga menerima naskah pertamanya dan itu tidak lain adalah naskah untuk Squid Game.

Jung Ho Yeon menyebutkan bahwa dia diminta untuk membuat rekaman audisi segera dan, meskipun pengalamannya terbatas, dia memutuskan untuk menggunakan semua yang dia miliki untuk lulus.

Setelah lulus audisi, Jung Ho Yeon cukup stres dan bingung bagaimana dia menerima peran yang begitu besar. Tentu saja, Jung Ho Yeon meragukan kemampuannya, tetapi tetap memberikan yang terbaik.

"Sepertinya pikiranku sudah benar. Saya sudah berpikir sejak saat itu. 'Oke, aktingku masih kurang. Kalau begitu mari kita lakukan apa yang bisa kita lakukan sekarang'. Setelah diatur seperti ini, sangat menyenangkan dan bahagia untuk berakting," tegasnya.

Terbukti, upaya dan kerja keras Jung Ho Yeon benar-benar terbayar karena penampilannya dan drama itu sendiri ternyata luar biasa.


Rekomendasi