Bukan Perselingkuhan, 3 Fakta Open Marriage, Hubungan Pernikahan yang Digunakan Will-Jada Smith

| 05 Oct 2021 12:02
Bukan Perselingkuhan, 3 Fakta Open Marriage, Hubungan Pernikahan yang Digunakan Will-Jada Smith
Will Smith dan Jada Pinkett Smith (Foto: IG @willsmith_fans)

ERA.id - Meski masih begitu tabu di Indonesia, open marriage sudah banyak digunakan oleh pasangan di luar negeri, tak terkecuali artis Hollywood. Seperti yang terbaru, istilah ini kembali menjadi topik hangat usai Will Smith menyatakan bahwa hubungan pernikahannya dengan Jada Pinkett Smith berbentuk open marriage.

Jadi, apakah sebenarnya open marriage itu? Bagi kamu yang masih bingung dan tidak ada pengetahuan sama sekali tentang ini, yuk simak beberapa fakta seputar open marrige di bawah ini, dilansir dari Oprah Daily.

1. Apa itu open marriage?

Fakta open marriage (Foto: Unsplash.com/shawnee)

Open marriage merupakan hubungan pernikahan yang tidak monogami. Open marriage merupakan hubungan di mana pasangan suami istri sepakat dan mengizinkan satu sama lain untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Dalam buku A Happy Life in an Open Relationship, karangan dokter Susan Wenzel, open marriage dilakukan hanya untuk mengeksplorasi hubungan seksual yang berbeda dari pasangannya, tanpa melibatkan perasaan atau emosi sama sekali.

Jadi, open marriage bukanlah sebuah perselingkuhan, tetapi sebuah kesepakatan bersama pasangan suami istri untuk membuka hubungan mereka dengan orang lain.

2. Dampak open marriage pada pernikahan

Fakta open marriage (Foto: Unsplash.com/sandy)

Open marriage memberikan dampak bagi hubungan pernikahan, baik yang positif maupun negatif. Hubungan open marriage bisa saja jadi solusi suatu masalah, tetapi tidak akan bisa menyelamatkan pernikahan yang memang sudah rusak.

Jika keputusan open marriage diambil saat masalah terjadi, biasanya akan menimbulkan masalah rumah tangga yang lebih dalam lagi. Namun, di sisi lain, Susan Wenzel mengatakan bahwa dengan open marriage akan membuat pasangan membentuk komunikasi yang lebih dalam.

Pasangan yang memutuskan untuk melakukan open marriage akan bekerja sama untuk mencapai komunikasi yang baik untuk memulai hal baru tersebut. Ini memungkinkan pasangan untuk melakukan percakapan dalam dan sulit.

3. Aturan dalam open marriage

Sebelum memutuskan untuk menjalani open marriage, pasangan suami istri biasanya membicarakan terlebih dahulu aturan yang ingin mereka terapkan. Untuk aturan ini biasanya menjadi referensi masing-masing pasangan.

Secara umum aturan yang sering diberlakukan dalam sistem pernikahan ini adalah dilarang cemburuan, dilarang mengatur, hingga dilarang membandingkan pasangan asli dengan pasangan yang hanya teman hubungan seksual.

Aturan lainnya bisa membatasi kencan dan hubungan seks pasangan dengan orang lain. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hubungan romantis dengan pasangan seks masing-masing.

Nah, itulah beberapa fakta tentang open marriage yang bisa kamu ketahui. Jadi, bagaimana menurut kamu?

Rekomendasi