Balas Somasi Propeksos Pakai Edukasi dan Minta Tempuh Jalur Hukum, Deddy Corbuzier: Jangan Cepat Tersinggung, Hancur Bangsa Kita Ini!

| 21 Oct 2021 13:30
Balas Somasi Propeksos Pakai Edukasi dan Minta Tempuh Jalur Hukum, Deddy Corbuzier: Jangan Cepat Tersinggung, Hancur Bangsa Kita Ini!
Deddy Corbuzier (Foto: Instagram/@mastercorbuzier)

ERA.id - Presenter sekaligus podcaster, Deddy Corbuzier kini menjadi sorotan. Sebab, dirinya lagi-lagi harus disomasi atas acara podcast di kanal YouTube-nya. Bapak anak satu mendapatkan somasi dari Perkumpulan Pekerjaan Sosial (Propeksos) karena dinilai menghina salah satu profesi, yaitu Pekerja Sosial.

Propeksos melihat adanya potensi penghinaan terhadap profesi pekerja sosial dalam konten podcast Deddy Corbuzier dengan Nikita Mirzani. Akan tetapi, Propeksos membatalkan somasi tersebut. Mengetahui hal itu, pria berusia 44 tahun ini buka suara. Ia mengatakan ingin memberikan edukasi kepada Propeksos.

Deddy Corbuzier (Foto: Instagram/@mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (Foto: Instagram/@mastercorbuzier)

"Oke, gue mau bahas somasi kemarin yang dibatalkan oleh asosiasi. Kan kalian katanya tugasnya mengedukasi saya, sekarang balik saya mengedukasi kalian. Begini, somasi adalah langkah pertama menuju hukum," ungkap Deddy Corbuzier, di Instagram pribadinya @mastercorbuzier.

Mantan suami Kalina Ocktaranny ini menantang untuk tidak di somasi, melainkan menempuh kasus itu ke pihak kepolisian. Ia memapaparkan definisi somasi. Ia mengatakan bahwa melaporkan UU ITE juga harus mencantumkan nama dan bukan lembaga.

"Makanya saya tantang balik, langsung saja ke jalur hukum itu kenapa. Makanya, ini edukasi buat kalian. Asosiasi atau lembaga tidak ada delik hukumnya. Ketika melaporkan nama baik atau merusak nama baik, itu tidak ada delik hukumnya," ucapnya.

"UU ITE itu harus digabungkan KUHP 310. Nah, 310 itu harus nama seseorang yang disebutkan namanya, bukan lembaga, asosiasi atau perkumpulan. Ini edukasi saya buat kalian," lanjutnya.

Deddy Corbuzier langsung memberikan nasihat kepada Propeksos. Menurutnya, Propeksos harus berpikir ulang untuk memberikan somasi untuknya. Jika banyak yang tersinggung, menurutnya bangsa akan menjadi hancur.

"Jadi, kalian melakukan sesuatu mikir-mikir dulu, pelajari dulu juga. Jangan cepat tersinggung, kalau segala sesuatu cepat tersinggung tanpa memahami konteks, hancur bangsa kita ini. Orang berkarya nggak bisa, mau ngomong nggak bisa, mau speak up nggak bisa gara-gara orang-orang mudah tersinggung dan pansos," tuturnya.

Unggahan itu mendapatkan respon dari rekan sesama selebriti, yakni Mongol Stres dan Dinar Candy. Mereka sependapat dengan pernyataan dari Deddy Corbuzier.

"Hajar mas," tulis Mongol Stres

"Setuju, kreatifitas jadi terbatas banyak orang gampang tersinggung sekarang," kata Dinar Candy.

Rekomendasi