Jadi Ibu Sekaligus Penyanyi Berprestasi, Raisa Beberkan Tips Menjadi Perempuan Tangguh untuk Berani Meraih Mimpi

| 22 Nov 2021 20:24
Jadi Ibu Sekaligus Penyanyi Berprestasi, Raisa Beberkan Tips Menjadi Perempuan Tangguh untuk Berani Meraih Mimpi
Raisa (Foto: Instagram/@raisa6690)

ERA.id - Raisa adalah salah satu penyanyi berprestasi dan berbakat Tanah Air. Sebelum sampai dikariernya sekarang ini, istri Hamish Daud ini melalui berbagai banyak cobaan untuk meraih impiannya. Kali ini, Raisa menceritakan proses kariernya hingga sekarang ini jadi ibu.

Pelantun lagu "Terjebak Nostalgia" ini mengatakan bahwa tantangan besar seorang perempuan adalah pembagian waktu antara keluarga dan pekerjaan. Namun, Raisa bisa melakukannya itu secara profesional dan membedakan mana waktu bekerja dan keluarga.

"Kemarin aku sempat ngomong podcast tentang makna dan mimpi. Ternyata banyak quotes diambil, seperti aku katakan perempuan itu dikerjaan kayak nggak ada keluarga," ungkap Raisa melalui acara Virtual Press Conference Sunslik Dukung Perempuan Indonesia Berani Meraih Mimpi dan Jadi #TakTerhentikanTukBerkilau pada Senin (22/11/2021).

"Tapi kalau sama keluarga nggak mikirin kerjaan. Itu tantangan besar bagi wanita. itu tantangan wanita apalagi kayak aku punya keluarga," lanjutnya.

Raisa (Foto: Dok. Unilever Indonesia)
Raisa (Foto: Dok. Unilever Indonesia)

Ibu anak satu ini membeberkan tips menjadi perempuan tangguh. Menurutnya, perempuan tak harus melakukan segala sesuatu secara sempurna. Namun, perempuan harus bisa melakukannya dengan baik. Dibalik itu semua, perempuan harus diberikan dukungan penuh dari orang tersayang, seperti pasangan, anak, orang tua, saudara hingga rekan kerja.

"Nggak harus sempurna dikerjain tapi cukup dengan baik. Seseorang butuh dukungan dan bantuan kalo kita lagi down. Ekosistem kondusif sekeliling kita harus berada lingkungan yang positif," tuturnya.

Selain itu, perempuan berusia 31 tahun ini juga menjadikan orangtuanya sebagai penyemangat hidupnya. Selain itu, Raisa juga menjadikan musisi senior perempuan Tanah Air yang sudah berkeluarga untuk motivasi hidupnya.

Raisa juga tak pernah mengganti tim kerjanya. Seperti halnya dengan manajemen yang sudah bekerja dengannya selama 11 tahun. Raisa juga nyaman berteman dengan sahabat lamanya. Sehingga, dirinya lebih mempercayakan orang-orang lama ketimbang baru dikenal.

"Role mode aku banyak banget. Untuk kehidupan pribadi berkeluarga pastinya mom. Bagaimana mama yang membesarkan aku untuk meraih impian, mandiri, bisa mencapai titik ini. Yang lain-lain banyak wanita industri musik dan entertainment bisa ya berkarir selama itu punya keluarga dan anak," tuturnya.

"Aku sering curhat dan nanya-nanya musisi senior aku. Ekosistem yaitu tim yang dekat denganku. Aku nggak bisa gonta-ganti, manajemen sudah 11 tahun. Teman-teman aku itu lama banget dari TK," lanjutnya.

Rekomendasi