Kata Komnas Perlindungan Anak Tentang Gala Sky: Pengasuhan Harus Dilakukan Bersama Di Mana Anak Itu Nyaman!

| 24 Dec 2021 19:00
Kata Komnas Perlindungan Anak Tentang Gala Sky: Pengasuhan Harus Dilakukan Bersama Di Mana Anak Itu Nyaman!
Komnas perlindungan anak (Dok: YouTube/Intens Investigasi)

ERA.id - Komnas Perlindungan Anak mengambil sikap atas kedatangan Doddy Sudrajat terkait Gala Sky. Pihaknya mengatakan pengasuhan Gala Sky harus dilakukan bersama di tempat yang membuat nyaman.

Arist Merdeka Sirait menyambut kedatangan Doddy Sudrajat di kantornya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021). Kedatangan Doddy tersebut dimaksud untuk mendiskusikan kondisi cucunya, Gala Sky.

"Menyampaikan hal-hal yang sifatnya keberatan terhadap proses pengasuhan Gala, yang saat ini dilakukan oleh besannya Pak Doddy, Pak H. Faisal. Jadi hari ini ingin berkonsultasi kami juga sudah bicara tadi mengenai tentang pengasuhan," kata Arist Medeka Sirait, Jumat (24/12/2021).

Lalu, kata Arist, sikap Komnas Perlindungan Anak dalam menanggapi hal tersebut ditegaskan pengasuhan harus dilakukan bersama-sama. Selain itu juga harus mementingkan kondisi kenyamanan anak yang dalam hal ini adalah Gala Sky yang masih berusia 1,5 tahun.

"Sikap Komnas Perlindungan Anak dalam perspektif perlindungan anak pengasuhan itu harus dilakukan secara bersama di mana anak itu nyaman karena dia masih balita, masih 1,5 tahun," tegasnya.

Arist juga menyampaikan kepada Doddy Sudrajat agar kenyamanan Gala Sky harus menjadi prioritas utama. Hal ini tentu saja berguna bagi tumbuh kembang Gala saat berada di bawah pengawasan keluarga Doddy Sudrajat maupun H. Faisal.

Mengenai permintaan penetapan perwalian, Arist menekankan seharusnya hal itu tidak perlu dilakukan oleh kedua pihak keluarga. Dia menyarankan agar Gala bisa berada di mana pun yang membuatnya senang dan tidak terhambat atau pun dihalangi.

"Tidak perlu ada permintaan penetapan pengadilan itu hak-hak perwaliannya ke siapa dan kepada siapa, tidak perlu. Dalam perspektif perlindungan anak biarkan Gala, di mana dia berada dan senang dan orang di sekitarnya harus memfasilitasi itu dan tidak ada yang satu dan lain menghambat itu," ucapnya.

Lebih lanjut Arist menyarankan agar kedua pihak keluarga bisa bertemu dan membicarakan permasalahan yang terjadi secara damai dan bersama-sama. Dia juga berharap kedatangan Doddy Sudrajat ke Komnas Perlindungan Anak tidak menjadikan hal tersebut seperti isu liar yang berkembang.

"Nampaknya proses ini perlu katakan lah bukan mediasi duduk bersama lah karena nggak ada masalah. Menurut saya kehadiran Pak Doddy ini tidak menjadikan isu ini menjadi isu yang liar. Kasihan si Gala itu karena dia belum tau apa-apa, harus mendapat pengawasan kita, harus membuat Gala senang karena masih 1,5 tahun ya belum 5 tahun," tutupnya.

Rekomendasi