Tak Dapat Izin Peroleh Perlindungan dari Polisi Inggris untuk Keluarga, Pangeran Harry Siap Tuntut ke Pengadilan

| 17 Jan 2022 16:33
Tak Dapat Izin Peroleh Perlindungan dari Polisi Inggris untuk Keluarga, Pangeran Harry Siap Tuntut ke Pengadilan
Gugatan pangeran harry (Dok: sussexofroyal)

ERA.id - Pangeran Harry mengajukan tuntutan ke pengadilan terhadap keputusan pemerintah Inggris. Tuntutan itu diajukan lantaran Harry tidak diizinkan mendapat perlindungan dari polisi Inggris saat berada di Inggris.

Perwakilan hukum Duke of Sussex mengatakan bahwa Harry ingin membawa anak-anaknya, Archie dan Lilibet untuk mengunjungi negara asalnya dari Amerika Serikat. Namun dia menyebut kunjungan itu terlalu berisiko tanpa adanya perlindungan dari polisi.

Bahkan perwakilannya mengatakan Harry ingin mendanai sendiri biaya perlindungan polisi Inggris. Hal ini lantaran tim keamanan pribadinya di Amerika Serikat tidak memiliki yurisdiksi yang memadai di luar negeri atau akses ke informasi intelijen Inggris.

"Duke dan Duchess of Sussex secara pribadi mendanai tim keamanan swasta untuk keluarga mereka, namun keamanan itu tidak dapat meniru perlindungan polisi yang diperlukan saat berada di Inggris," kata sebuah pernyataan, dikutip AP News, Senin (17/1/2022).

"Dengan tidak adanya perlindungan seperti itu, Pangeran Harry dan keluarganya tidak dapat kembali ke rumahnya," lanjut pernyataan tersebut.

Tuntutan untuk peninjauan kembali diajukan pada bulan September untuk menantang pengambilan keputusan pemerintah Inggris di balik prosedur keamanan.

Diketahui Harry dan Meghan Markle kehilangan perlindungan polisi yang didanai publik di Inggris saat mereka memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai bangsawan senior di Kerajaan. Mereka pun memutuskan untuk pindah ke Amerika Utara di tahun 2020.

Pada saat itu pasangan itu mengatakan keputusan mereka adalah karena adanya gangguan yang tak tertahankan dan sikap rasis dari media Inggris.

Pasangan ini pertama kali pergi ke Kanada sebelum menetap di Amerika Serikat. Mereka menyatakan bahwa mereka secara pribadi mendanai keamanan untuk kepindahan mereka ke AS setelah Presiden Donald Trump mengatakan pemerintahnya tidak akan membayar untuk perlindungan mereka.

Harry pun sempat berbicara secara pribadi dengan keluarganya di bulan Januari 2020 tentang membayar perlindungan polisi Inggris secara pribadi. Namun permintaan itu ditolak oleh pihak kerajaan.

Gugatan yang diajukan oleh Harry ini disinyalir lantaran dia sempat mengalami insiden yang tidak menyenangkan. Di mana pada bulan Juli lalu saat berkunjung ke Inggris, mobilnya dikejar oleh fotografer saat dia meninggalkan acara amal.

Sementara itu, putri Harry dan Meghan yang berusia tujuh bulan belum pernah bertemu dengan nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II, dan juga anggota keluarga kerajaan lainnya.

"Tujuan Pangeran Harry sederhana untuk memastikan keselamatan dirinya dan keluarganya saat berada di Inggris sehingga anak-anaknya dapat mengetahui negara asalnya," kata perwakilannya.

Lalu, kata perwakilan Harry, Inggris akan selalu menjadi rumah bagi Pangeran Harry dan negara yang dia inginkan agar istri dan anak-anaknya tetap aman.

Di sisi lain pemerintah Inggris mengatakan sistem keamanannya ketat dan proporsional dan menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut. Pihaknya juga mengatakan tidak pantas untuk mengomentari proses hukum dalam bentuk apapun.

Rekomendasi