Diusir Pihak Oscar Usai Tampar Chris Rock, Will Smith Ngotot Ogah Angkat Kaki dari Acara

| 31 Mar 2022 14:00
Diusir Pihak Oscar Usai Tampar Chris Rock, Will Smith Ngotot Ogah Angkat Kaki dari Acara
Will Smith saat menampar Crish Rock (Dok: Academy)

ERA.id - Academy of Motion Picture Arts and Sciences atau Oscar kembali mengeluarkan pernyataan terkait insiden Will Smith dan Chir Rock. Smith diketahui sempat diminta meninggalkan Oscar namun dia menolak hal tersebut.

Pernyataan resmi dari pihak The Academy ini muncul setelah permintaan maaf dari Will Smith disampaikan melalui Instagram. Academy mengatakan pihaknya sempat meminta Smith meninggalkan acara setelah menampar Chris Rock di atas panggung.

"Segalanya terungkap dengan cara yang tidak dapat kami antisipasi. Meskipun kami ingin mengklarifikasi bahwa Tuan Smith diminta untuk meninggalkan upacara dan menolak, kami juga menyadari bahwa kami dapat menangani situasi secara berbeda," kata pernyataan The Academy, dikutip People, Kamis (31/3/2022).

Selain mengungkap adanya penolakan dari Smith, Academy juga menyatakan akan mengambil tindakan tegas terhadap pemenang Aktor Terbaik itu. Bahkan Smith menerima tindak disipliner atas perbuatannya sesuai dengan standar aturan Academy.

"The Board of Governor hari ini memulai proses pendisiplinan terhadap Tuan Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, termasuk kontak fisik yang tidak pantas, perilaku kasar atau mengancam, dan kompromi integritas Akademi," tegasnya.

Menurut Academy, Smith juga akan ditindak sesuai hukum California. Smith juga diberikan waktu sedikitnya 15 hari atas pelanggaran dan sanksinya, serta kesempatan untuk didengar sebelumnya lewat tanggapan tertulis.

"Sesuai dengan Standar Perilaku Akademi, serta hukum California, Mr. Smith diberikan pemberitahuan pemungutan suara setidaknya 15 hari sebelumnya mengenai pelanggaran dan sanksinya, dan kesempatan untuk didengar sebelumnya melalui tanggapan tertulis," ungkap Academy.

Dalam pernyataannya, Academy juga mengeluarkan permintaan maaf kepada Rock, serta semua orang yang hadir di acara hari Minggu (27/3/2022) dan juga para pemirsa yang menyaksikan dari rumah. Academy menyebut tindakan Smith sebagai peristiwa yang sangat mengejutkan dan traumatis.

"Tindakan Tuan Smith di Oscar ke-94 adalah peristiwa yang sangat mengejutkan dan traumatis untuk disaksikan secara langsung dan di televisi. Tuan Rock, kami mohon maaf atas apa yang Anda alami di panggung kami dan terima kasih atas ketahanan Anda saat itu," katanya.

"Kami juga meminta maaf kepada nominasi, tamu, dan pemirsa kami atas apa yang terjadi selama acara yang seharusnya menjadi perayaan," tambahnya.

Sam Smith sebelumnya sudah menyampaikan permohonan maaf kepada Rock atas perbuatannya di panggung Oscar 2022. Dia menyebut tindakannya adalah perbuatan yang memalukan dan mengakui kesalahannya secara terbuka di depan publik.

"Saya ingin meminta maaf secara terbuka kepada Anda, Chris. Saya keluar jalur dan Saya salah. Saya malu dan tindakan saya tidak menunjukkan pria yang saya inginkan. Tidak ada tempat untuk kekerasan di dunia cinta dan kebaikan," tulis Smith.

Rekomendasi