Kisah Spiritual Aktor George Rudy, Jadi Mualaf Karena Film dan Wudhu

| 04 Apr 2022 17:45
Kisah Spiritual Aktor George Rudy, Jadi Mualaf Karena Film dan Wudhu
George rudy mualaf (YouTube/George Rudy Official)

ERA.id - Aktor laga George Rudy membagikan pengalaman spiritualnya sekaligus perjalanannya menjadi seorang mualaf. George mengaku dirinya tertarik masuk islam berkat aktingnya dalam film Balada Dua Jagoan.

Perjalanan spiritual George Rudy ini dia bagikan lewat sebuah video di akun YouTube miliknya beberapa waktu lalu. Dalam video itu, George mengaku masuk islam setelah terlibat dalam film Balada Dua Jagoan di tahun 1977.

"Ada di dalam satu adgean saya harus melaksanakan solat, saya bilang sama Pak Fritz, 'Bang, maaf tapi saya non-muslim'. Beliau bilang 'Nggak apa-apa, ini hanya untuk memperlihatkan bahwa karakter yang kamu perankan ini seorang muslim'," kata George Rudy, dikutip YouTube George Rudy Official, Senin (4/4/2022).

Adegan itu, kata Rudy, dia perankan bersama dengan Rd Mochtar yang berperan sebagai ayahnya dalam film Balada Dua Jagoan. Saat itu Rudy tetap menjalani instruksi dari sutradara dan mengambil adgena solat untuk bagian rakaat terakhir.  

"Ya sudah saya jalanin hanya Tahiyat terakhir, assalamualaikum kanan, assalamulaikum kiri. Dan kebutulan yang jadi bapak saya Rd Mochtar," jelasnya.

george rudy mualaf (YouTube/George Rudy Official)
george rudy mualaf (YouTube/George Rudy Official)

Rupanya sejak menjalankan adegan solat itu, Rudy mulai merasakan naluri untuk mempelajari agama islam lebih dalam. Dia bahkan berpikir proses syuting itu sebagai hidayah yang diturunkan oleh Allah untuk dirinya.

"Mungkin dalam pribadi saya berpikir bahwa merasakan satu naluri bahwa mungkin ini jalan hidup saya mendapat hidayah dari Allah," ungkapnya.

Memasuki tahun 1980-an, George Rudy mulai tertarik untuk mempelajari islam. Hatinya tergerak dan mulai cinta dengan islam saat melihat seseorang mengambil air wudhu untuk solat. Kala itu dia berpikir bahwa untuk bertemu dengan Sang Pencipta bukan hanya harus berakal saja, tetapi juga harus bersih secara jasmani.

"Saya lihat orang wudhu terus saya tanya (orang itu), oh jadi untuk menghadap kepada sang pencipta kita harus bersih secara jasmani. Saya pelajari pelan-pelan bagaimana Al-Qur'an," akunya.

Tidak lama setelah mempelajari Al-Qur'an dan agama islam, George Rudy pun memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Dia bahkan sudah merasakan dirinya seorang muslim jauh sebelum menjadi seorang mualaf.

Menurut pengakuannya, saat itu orang yang mengislamkan dirinya adalah mendiang Buya Hamka. Buya Hamka pun membimbingnya untuk mengucap dua kalimat syahdat.

"Alhamdulillah yang mengislamkan saya adalh tokoh yang sangat saya hormati, Buya Hamka. Pada saat itulah saya mengucapkan dua kalimat syahadat dan pada saat itu juga saya merasakan satu kebanggaan yang tidak akan terlupakan selama hidup saya," katanya.

Bukan hanya mengislamkan Rudy saja, peran Buya Hamka dalam perjalanan spiritual aktor 67 tahun itu juga berperan penting dalam pemilihan nama islam untuknya. Buya kala itu memberi Rudy nama islam yaitu Abdul Hadi yang sampai saat ini masih dia pakai.

"Setelah saya diislamkan oleh Buya Hamka saya diberi nama sebagai seorang muslim, Abdul Hadi. Dia katakan apa artinya Hadi adalah yang diberi petunjuk. Alhamudlilah sampai sekarang tetap nama saya George Rudy Abdul Hadi," tutupnya.

Rekomendasi