Sampah Plastik Dikelola Baik, Program Digital DIVERT Menjawab Permasalahan Rantai Pasokan Limbah

| 10 Jun 2022 12:05
Sampah Plastik Dikelola Baik, Program Digital DIVERT Menjawab Permasalahan Rantai Pasokan Limbah
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/SHVETS production)

ERA.id - Masalah sampah plastik telah menjadi perhatian di seluruh dunia, khusus Indonesia. Sampah plastik tak bisa terurai begitu saja. Bahkan, beberapa jenis sampah plastik baru bisa terurai setelah ratusan tahun. Sampah plastik tidak bisa hilang begitu saja.

Sampah plastik berubah menjadi mikroplastik, partikel-partikel plastik kecil yang tak terlihat mata. Bahkan, sampah plastik yang terurai menjadi mikroplastik banyak dimakan ikan dan hewan ternak karena mengiranya makanan. Tentunya, hal ini berbahaya bagi kesahatan hewan maupun manusia.

Di Indonesia sebanyak 4,8 juta ton sampah plastik tidak terkelola dengan baik tiap tahun, seperti dibakar di ruang terbuka (48%), tidak dikelola secara layak di tempat pembuangan sampah resmi (13%), dan sisanya mencemari saluran air dan laut (9%).

Penerapan ekonomi sirkular dipercaya banyak pihak sebagai salah satu upaya yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan sampah plastik di Indonesia. Namun penerapan di lapangan tentu tidak mudah, peran serta semua pihak dan sinergi dari semua aktor dalam mata rantai daur ulang harus digalakkan, agar sampah sebagai bahan daur ulang dapat dikumpulkan kembali dan diproses menjadi produk daur ulang atau proses pengelolaan lainnya.

Acara Virtual Unilever (Foto: Zoom)
Acara Virtual Unilever (Foto: Zoom)

Menurut pengamatan Waste4Change, kurangnya data di fase pengumpulan sampah plastik salah satunya menyebabkan masih adanya gap yang besar antara sampah plastik yang diproduksi, yang saat ini didaur ulang, dan yang berpotensi untuk didaur ulang. Jika belum memadai mengakibatkan rantai pasok daur ulang yang ada saat ini menjadi panjang dan belum efisien. Diperlukan upaya yang lebih besar agar dapat memperoleh bahan baku dari plastik daur ulang dalam jumlah signifikan untuk dapat diolah menjadi kemasan kembali.

"Apresiasi kepada Unilever dan Waste4Change yang telah mengeluarkan proyek berbasis digital melalui program TRANSFORM. Program ini sangat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta selaras dengan berbagai upaya strategis yang dilakukan pemerintah dalam pengurangan dan penanganan sampah," Ir. Sinta Saptarina Soemiarno, Direktur Pengurangan Sampah, Dirjen PSLB3, KLHK RI melalui acara virtual Unilever pada Kamis (9/6/2022).

Dengan demikian, semakin sedikit kemasan yang terbuang ke TPA sesuai dengan tujuan pembangunan Ekonomi Sirkular di Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan proyek DIVERT menjadi solusi tepat untuk monitoring, evaluasi dan verifikasi sehingga mendapat  hasil yang terukur,” lanjut Ir. Sinta.

Semakin sedikit kemasan yang terbuang ke TPA sesuai dengan tujuan pembangunan Ekonomi Sirkular di Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan proyek DIVERT menjadi solusi tepat untuk monitoring, evaluasi dan verifikasi sehingga mendapat  hasil yang terukur.

DIVERT merupakan proyek berbasis digital yang diprakarsai oleh Waste4Change atas dukungan Unilever global lewat program TRANSFORM, yang secara global telah banyak membantu terealisasinya puluhan proyek mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). DIVERT telah berhasil terpilih menjadi salah satu proyek dari 13 negara yang mendapatkan dukungan pendanaan dari Unilever global, yaitu sebesar lebih dari Rp3 miliar.

"Proyek DIVERT bertujuan untuk menjawab permasalahan rantai pasokan limbah pasca konsumsi. Sejak dimulai pada September 2021 lalu, proyek ini telah berhasil mengurangi kesenjangan upaya daur ulang sampah plastik dengan memvalidasi dan melacak seluruh alur sampah menuju terciptanya ekonomi sirkular yang lebih efektif dan efisien," ujar Rizky Ambardi, Head of Collect Waste4Change dan Project Manager DIVERT.

Rangkaian program yang telah terlaksana tidak lepas dari peran serta mitra pemulung dan pengepul sampah daur ulang. Hingga saat ini, proyek DIVERT telah melibatkan 556 mitra pengumpul sampah, melakukan scale-up sistem ERP untuk 51 mitra, dan berhasil mengumpulkan 778 ton sampah plastik dalam jangka waktu 6 bulan.

"Salah satu program yang dilaksanakan dalam proyek ini adalah membuat sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk memastikan ketertelusuran sampah, capacity building bagi mitra-mitra pengumpul sampah, hingga pengoptimalan fasilitas pengumpulan dan pengolahan sampah. Dengan adanya ERP, maka pengumpulan, ketertelusuran, serta kuantitas dan kualitas sampah plastik menjadi lebih meningkat," terang Rizky.

Rekomendasi