Nintendo Switch Bakal Punya Mode VR?

Tim Editor

Ilustrasi Nintendo Switch VR (vrscout.com/news/nintendo-switch-vr-headset)

Jakarta, era.id - Sejak Nintendo pertama kali meluncurkan Switch tahun lalu, banyak penggemar yang berharap adanya fitur tambahan yakni Virtual Reality atau VR. 

Nah, sepertinya keinginan itu bisa segera terealisasikan, sebab seorang penggemar Nintendo yang penasaran tak sengaja menemukan fitur VR yang tersembunyi di console Switch. Termasuk mode dual layar Switch yang siap digunakan pada headset VR.

Melalui akun Twitternya, ia secara tak sengaja mendapati tampilan layar gadget terbaru Nintendo itu, yang menunjukkan bahwa Nintendo sedang menguji coba semacam fitur untuk mode VR. 
 

Tweet ini kemudian memicu banyak postingan lainnya terkait seputar Switch VR, dengan sejumlah tweet menunjukkan temuan serupa yang menyatakan kemungkinan Nintendo sedang mempertimbangkan fitur baru tersebut.

Nintendo tampaknya mulai mempertimbangkan ide tersebut di mana, pada tahun sebelumnya seorang penggemar Nintendo pernah menunjukkan bahwa koding untuk fitur VR tengah ditambahkan ke sistem Switch pada update versi 3.0.0.

Paten Nintendo VR Tahun 2016

Tragedi Kegagalan Virtual Boy

Supaya kalian tahu, kalau Nintendo punya sedikit sejarah tak menyenangkan dengan fitur VR. Bahkan, pada tahun 1995, konsol Virtual Boy dianggap sebagai sebuah produk yang gagal.

Nintendo bahkan sempat mengeluarkan respons yang menyatakan bahwa gadget VR tidak begitu menarik bagi pengguna mainstream, dan pihaknya tidak berkeinginan untuk memaksakan fitur tersebut hadir di Switch.
 


Meskipun begitu, tampaknya sikap Nintendo telah sedikit berubah. Di mana pada tahun 2016, seorang penggemar mengatakan Nintendo telah mendaftarkan paten untuk headset bergaya VR untuk konsol berikutnya. 

Hal ini tentu bisa menjadi sesuatu terobosan baru dari Nintendo, tetapi sebagian besar penggemar juga menganggap Switch terlalu kurang bertenaga untuk menjalankan mode VR. Mengingat bagaimana PlayStation VR kurang diminati.

Menurut kabar yang dilansir Game Revolution, sistem Switch dijalankan oleh kartu grafis NVIDIA Tegra X1 SOC, sistem sama yang menghasilkan grafis pada NVIDIA Shield Android TV dan Google Pixel C yang menjalankan semua grafis dalam beragam OS Android.

Tag: chipset teknologi 7nm kecanduan game konsol game nintendo switch

Bagikan: