Messi Tak Masuk 3 Besar Pemain Terbaik Eropa

Tim Editor

Ilustrasi (Twitter @UEFA)

Nyon, era.id- Mohamed Salah, Cristiano Ronaldo dan Luka Modric akan bersaing memperebutkan penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2018. Ketiganya dinilai memberikan dampak besar pada kemajuan tim dan negara mereka selama musim 2017-18.

Masuknya nama Salah dalam daftar ini menyusul prestasi Liverpool yang mencapai final Liga Champions musim lalu. Winger Mesir ini juga mencetak 44 gol pada musim pertamanya di Anfield dan hanya terpaut tiga gol dari pencetak gol terbanyak klub dalam satu musim, Ian Rush.

Sementara Ronaldo, dinominasikan setelah memenangkan lima trofi Liga Champions sepanjang kariernya atau yang ketiga beruntun untuk Real Madrid dan juga menjelma sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi bergengsi benua Eropa tersebut selama enam musim beruntun.

Sedangkan Modric, menikmati sebuah musim fantastis dengan memenangi trofi Liga Champions bersama Ronaldo dan juga membawa timnas Kroasia ke final Piala Dunia 2018 serta meraih trofi Golden Ball di Rusia.

Lalu, ke mana Lionel Messi? Nama superstar Barcelona itu memang tidak tertera. La Pulga, yang tersingkir di babak perempat final Liga Champions dari Roma dan digasak Prancis 4-3 di babak 16 besar Piala Dunia 2018 hanya menempati posisi kelima dengan 55 poin, terpaut jauh dari Antoine Griezmann di urutan keempat dengan 72 angka. 

Penghargaan Pemain Terbaik Eropa ini dikhususkan untuk para pemain top yang tampil untuk klub yang berada di wilayah asosiasi anggota UEFA selama musim lalu. Penilaian terhadap bintang-bintang ini dilihat dari penampilan mereka di semua kompetisi. Baik di kompetisi domestik, benua maupun tingkat internasional.

Daftar pendek tiga pemain tersebut dipilih oleh 80 pelatih klub yang berpartisipasi di fase grup Liga Champions dan Liga Europa pada musim lalu, serta 50 wartawan yang dipilih oleh Media Olahraga Eropa (ESM).

Setiap pemain yang dipilih oleh para pelatih dan wartawan akan diberikan poin berbeda oleh para juri. Tempat pertama mendapatkan lima poin, tempat kedua tiga poin, dan tempat ketiga satu poin.

Dilansir dari ESPN, Selasa (21/8/3018) pemenang gelar Pemain terbaik Eropa akan diumumkan selama undian fase grup Liga Champions di Monaco pada Kamis 30 Agustus mendatang.

Baca Juga : Messi Belum Bosan Bikin Rekor

Tag: suporter sepak bola

Bagikan: