Piala Dunia Sempurnakan Koleksi Gelar Lionel Messi, Berikut Rinciannya

| 19 Dec 2022 14:02
Piala Dunia Sempurnakan Koleksi Gelar Lionel Messi, Berikut Rinciannya
Lionel Messi bersama trofi Piala Dunia dan Pemain Terbaik Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

ERA.id - Koleksi gelar Lionel Messi sempurna setelah dirinya bersama timnas Argentina menundukkan Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022. Pertandingan yang digelar di Stadion Lusail, Qatar, pada Minggu, 18 Desember itu berakhir dengan kemenangan Messi dkk. melalui adu penalti.

Dalam 90 menit pertandingan, kedua tim memiliki skor yang sama kuat, 2-2. Masuk extra time, kedua tim sama-sama ngotot. Laga semakin sengit dan kedua tim berhasil mencetak gol tambahan, tetapi hasil masih sama kuat, yaitu 3-3.

Hal tersebut membuat laga puncak Piala Dunia 2022 harus dilanjutkan dengan adu penalti. Sebelum mencapai penendang kelima, Argentina telah memastikan gelar juara karena skor menunjukkan keunggulan Argentina 4-2.

Koleksi Gelar Lionel Messi hingga Penghujung 2022

Lionel Messi juara Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Keberhasilan Argentina di Piala Dunia 2022 membuat catatan gelar Lionel Messi semakin manis. Sebelumnya, piala emas Piala Dunia adalah satu-satunya trofi yang belum pernah diangkat Messi dalam karier sepak bolanya.

Trofi ini semakin spesial karena dia dapatkan di usianya yang ke-35 tahun. Selain itu, trofi Piala Dunia 2022 melengkapi catatan gemilang timnas Argentina karena tahun lalu Messi dkk. baru saja mendapatkan gelar Copa America.

"Saya tahu Tuhan akan memberikan gelar ini (Piala Dunia) kepada saya," ujar Messi setelah laga final Piala Dunia 2022, dikutip Era dari Evening Standard.

Dikutip dari akun Twitter talkSPORT, berbagai gelar telah dikantongi oleh Lionel Messi, baik individu, klub, maupun timnas. Total, hingga saat ini total gelar yang telah didapatkan Messi adalah La Liga (10 kali), Copa del Rey (7 kali), Liga Champions (4 kali), Piala Super Spanyol (7 kali), Piala Super Eropa (3 kali), Piala Dunia Antarklub (3 kali), Ligue 1 (1 kali), Medali emas Olimpiade (tahun 2008), Ballon d'Or (7 kali), Best FIFA (2 kali), Copa America (tahun 2021), dan Piala Dunia (tahun 2022). Trofi lain yang telah disumbangkan oleh Messi adalah Piala Super Prancis (tahun 2022) untuk klub (PSG) dan Finalissima (tahun 2022) untuk timnas Argentina.

Gelar-gelar tersebut belum termasuk yang diraih si pemain terbaik sepanjang masa secara individu pada masing-masing musim atau gelaran, seperti top scorer, top assist, pemain terbaik liga (dalam satu musim), pemain terbaik kompetisi, dan semacamnya.

Lionel Messi Belum Ingin Pensiun

Dalam beberapa tahun terakhir, pemain kebanggaan Barcelona ini lekat dengan isu pensiun. Pada awal gelaran Piala Dunia 2022 saja, isu pensiun dari timnas Argentina juga terdengar nyaring sehingga Piala Dunia di Qatar dinilai sebagai Piala Dunia terakhir Messi.

Namun, hal tersebut tampaknya belum sepenuhnya bisa dianggap sebagai sebuah kebenaran. Setelah Messi berhasil mengantarkan timnas Argentina menjadi juara dunia, dia menyebut belum ingin pensiun dari timnas.

"Tidak, saya belum mau pensiun dari tim nasional. Saya ingin lanjut bermain sebagai juara Piala Dunia dalam balutan seragam Argentina." katanya kepada TyC Sports.

Hal tersebut cukup masuk akal, sebab saat ini usianya 35 tahun. Pertandingan bergengsi terdekat timnas Argentina adalah Copa America yang akan digelar 2 tahun lagi. Dengan kata lain, ketika itu Messi berusia sekitar 37 tahun. Sementara, pada Piala Dunia 2026, Messi berusia 39 tahun.

Terkait kapan Messi akan pensiun, hal tersebut belum bisa ditentukan saat ini. Namun, keputusan untuk tidak pensiun meski setelah mendapatkan trofi Piala Dunia membuka peluang koleksi gelar Lionel Messi bertambah.

Rekomendasi