eSim iPhone Baru Bisa Digunakan di 10 Negara

| 15 Sep 2018 18:45
eSim iPhone Baru Bisa Digunakan di 10 Negara
IPhone XS dan iPhone XS Max (Phone Arena)
Jakarta, era.id - Tiga varian baru Apple mengusung teknologi eSim yang tertanam di iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Nyatanya, baru 10 negara saja yang sudah support dengan teknologi eSim itu.

Ya, tiga iPhone baru Apple yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR, diketahui mendukung fitur dual SIM, atau mereka menyebutnya sebagai DSDS (dual SIM, dual standby). Masing-masing punya satu slot untuk nano SIM dan eSIM.

Menurut The Verge, yang dikonfirmasi situs resmi Apple, ketersediaan teknologi eSim sejauh ini baru di-support oleh 10 negara saja yakni Austria, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Nah untuk mengakali hal tersebut, Apple membuat modifikasi fitur pada tiga iPhone anyar mereka dengan memunculkan dua slot sim fisik untuk wilayah tertentu. 

 

Sejauh ini baru China yang diproyeksikan mendapat perlakuan khusus tersebut. Ada dugaan bahwa kebijakan serupa akan diberlakukan Apple untuk wilayah lain di luar 10 negara yang sudah support eSIM.

Lantas bagaimana untuk Indonesia? Tenang, berdasarkan data dari IDC Mobile Phone Tracker, Indonesia pada dasarnya termasuk ke salah satu pasar dengan ponsel dual SIM terbesar di dunia, Hanya kalah dari India, Filipina, dan China.

Ketersediaan dua slot SIM fisik boleh jadi membuat trio iPhone anyar Apple mudah diterima di pasar Indonesia. Namun provider telekomunikasi di Indonesia pun juga harus bersiap untuk menerima penggunaan eSim di kemudian hari.

 

Rekomendasi