Hukuman Ronaldo Mungkin Tidak Ditambah

Tim Editor

Cristiano Ronaldo seteleh menerima kartu merah (Twitter @Squawka)

Manchester, era.id -  Cristiano Ronaldo menerima kartu merah langsung saat Juventus menghadapi Valencia di Liga Champions, Rabu (19/9/2018). Spekulasi muncul, superstar Portugal terancam tidak akan bermain saat menghadapi mantan timnya, Manchester United.

Tapi sebuah sumber dari UEFA mengungkap, seperti dilansir dari Manchester Evening News, Jumat (21/9) Ronaldo kemungkinan bisa bermain melawan 'Setan Merah' mengingat badan tertinggi sepak bola Eropa itu akan melakukan peninjauan penuh terhadap insiden yang terjadi di Mestalla dalam waktu satu pekan ini.

Indikasi awal menyebut, mantan pemain Real Madrid hanya akan menerima hukuman satu pertandingan, atau absen saat melawan Young Boys dalam laga berikutnya pada 2 Oktober.

Berbeda dengan peraturan domestik, kartu merah langsung dalam kompetisi UEFA menghasilkan larangan satu pertandingan, yang tidak dapat diajukan banding.

Namun, disarankan agar kontrol UEFA, etika dan badan disipliner tidak memperpanjang larangan untuk tiga pertandingan mengingat tidak adanya perbedaan pendapat dalam kasus ini.

Bahkan jika badan disiplin memilih untuk menerapkan larangan tiga pertandingan, hukuman semacam itu dapat diajukan banding ke Juventus.

Indikasi awal menunjukkan Ronaldo tidak mungkin menghadapi hukuman berat atas pertengkarannya  dengan bek Valencia, Jeison Murillo dalam laga tersebut. Namun, diyakini pemain 33 tahun itu bisa menghadapi masalah tambahan karena mengulur waktu saat berjalan keluar lapangan menyusul keputusan yang diberikan wasit.

Aturan dan peraturan UEFA menjelaskan: "Sebagai aturan, pemain yang dikeluarkan dari lapangan permainan dihukum untuk pertandingan berikutnya dalam kompetisi piala UEFA (yaitu Liga Champions, Liga Europa atau Piala Super Super).

"Dalam kasus pelanggaran serius, Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA berhak untuk menambah hukuman ini, termasuk dengan memperpanjangnya ke kompetisi lain."

United akan menjamu Juventus di Old Trafford pada 23 Oktober, dan kemudian melakukan perjalanan untuk menghadapi tim Italia pada 7 November.

Baca Juga : Ronaldo Diusir Wasit, Juventus Sikat Valencia 2-1

Bagikan: