Netflix Garap Serial Interaktif untuk Black Mirror

Tim Editor

Cuplikan episode Black Mirror (Netflix)

Jakarta, era.id - Netflix akan kembali merilis serial interaktif, di mana penonton dapat memilih alur cerita yang ingin ditontonnya. Pada musim terbarunya, Netflix berencana mengangkat serial Black Mirror menjadi episode interaktif pada bulan Desember mendatang.

Menurut laporan Bloomberg tahun 2017, Netflix pernah menggarap serial interaktif untuk anak-anak, dengan memasukkan pilihan alur cerita yang diinginkan. Beberapa serial animasi yang sukses menggarap episode interaktif seperti Shrek, Puss in Book, dan beberapa serial episode stop-motion.

"Sedangkan film interaktif dengan genre dewasa akan menjadi tantangan baru dan merupakan ekspresimen baru untuk mengangkat cerita interaktif dari audiens," kutip The Verge dari Bloomberg, Selasa (2/10/2018).


(Story map interactive episode Puss in Book (Netflix)

Lantas bagaimana dengan serial interaktif Black Mirror akan digarap oleh Netflix. Gagasan kenapa Black Mirror dipilih jadi serial interaktif mengingat berbagai aspek teknologi dan masa depan yang kerap menjadi narasi cerita di film dan dapat memberikan pengalaman kepada penontonnya. Serial Black Mirror dinilai cocok dengan konten interaktif bagi yang menontonnya untuk menentukan pilihan jalan cerita selanjutnya.

Meski dikabarkan tengah menggarap episode interaktif pada serial Black Mirror untuk musim kelimanya. Serial yang sudah tayang selama empat musim di Netflix sejak 2016 ini akan menayangkan episode terbarunya sebelum akhir tahun 2018.

Pilih alur cerita yang diinginkan

Episode interaktif bukan pengalaman baru bagi Netflix, cara ini memberikan kesempatan kepada penontonnya untuk memberikan narasi berbeda melalui serangkaian keputusan yang dapat dipilih sebelum melanjutkan jalan cerita.

"Untuk fokus cerita interaktif bagi anak-anak, penulis cerita harus membuat pilihan sederhana di mana sang anak akan merasa ikut terlibat dalam cerita tersebut seperti sebuah permainan," kata Direktur Inovasi Netflix, Carla Engelbrecht Fisher, kutip dari The Verge.


(Story map interactive episode (Netflix))

Sementara untuk alur cerita yang lebih kompleks, Carla menjelaskan kreator film dapat memberikan sejumlah 'clue' atau petunjuk sebelum penonton dapat memilih alur cerita selanjutnya. Hal ini memungkinkan, satu buah episode interaktif dapat memiliki banyak pilihan ending cerita, dari ending bahagia, tragis dan lain sebagainya.
 

Tag: hari film nasional 2018 serial interaktif netflix

Bagikan: