6 Nutrisi yang Mesti Ditambah dalam Program Diet

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Jakarta, era.id - Diet ternyata tidak hanya menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan kamu, tapi sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Kalau kebutuhan nutrisi itu tidak segera dipenuhi, akan memberikan efek yang buruk untuk kesehatan kamu.

    Selain itu, biar diet kamu makin sukses, ternyata ada beberapa nutrisi yang kadarnya harus ditingkatkan. Kalau kadar nutrisi ini sudah bertambah, program diet kamu akan jadi lebih mudah.

    Melansir dari bolsky.com, kami akan paparkan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan saat program diet kamu berjalan. Setelah kamu tahu ini, kamu harus segera memenuhi nutrisi tersebut.

    1. Vitamin yang larut dalam lemak

    Ada sejumlah vitamin dan mineral yang larut dalam lemak. Nah, kalau kamu diet, vitamin tadi juga ikutan hilang karena menurunnya kadar lemak di tubuh kamu. Vitamin yang larut dalam lemak itu di antaranya, vitamin A, D, E dan K, serta omega-3.

    Supaya vitamin tadi tetap bisa diserap tubuh, kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun, kacang, salmon, mackerel, dan alpukat dalam program dietnya.

    2. Vitamin C 

    Vitamin C ini banyak bertugas untuk tubuh. Dia bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperbaiki sel. Ternyata, vitamin C membantu menghancurkan lemak dan hilang dari tubuh. Ini artinya, makin banyak vitamin C, makin bagus untuk program diet kamu. 

    Kalau sudah begini, kamu bisa mengantisipasinya dengan menambahkan beberapa makanan dalam diet kamu, di antaranya jeruk, paprika, raspberry, stroberi, dan cranberry.

    3. Vitamin B6 

    Vitamin yang sangat baik yang membantu mengubah makanan menjadi energi dan membuat kamu merasa baik. Nutrisi ini membantu produksi serotonin--neurotransmitter yang mengatur suasana hati kamu--. Jika kadar serotonin rendah itu mengarah ke rasa terkenan dan membuat kamu makan banyak dan tidak sehat. Ini bisa membuat program diet kamu gagal. 

    Jadi, untuk menjaga tingkat serotonin kamu tetap stabil, konsumsilah kacang lentil, oat dan kacang-kacangan lainnya.

    4. Kalsium 

    Menurut temuan penelitian baru, mengonsumsi kalsium dengan jumlah yang disarankan per hari, dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan mempertahankan program diet kamu. 

    Para peneliti percaya, mineral membantu sel-sel berkerja maksimal untuk membantu metabolisme kamu, mencerna makanan dan menyerap nutrisi lebih baik, serta membuat otot-otot kamu maksimal saat berolahraga. 

    Nah, makanan yang cocok untuk mengisi kalsium di diet kamu adalah, plain curd, tahu, paneer, daun kale dan keju.

    5. Magnesium 

    Mineral dibutuhkan untuk program diet kamu. Soalnya, nutrisi ini membantu menurunkan berat badan dengan dua cara, pertama untuk mencegah kembung serta menjaga pencernaan sesuai jadwal, dan kedua untuk membentuk otot dengan baik. Pembentukan otot ini nantinya membantu membakar lemak meski kamu tidak berolahraga sekalipun. 

    Lalu dari mana kebutuhan magnesium itu terpenuhi? Kamu bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, tahu dan yogurt. 

    6. Seng 

    Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang kaya seng mengandung protein tinggi. Ini dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan pengeluaran energi yang bermanfaat ketika kamu sedang menjalankan program diet. 

    Studi lain melaporkan, orang gemuk yang mengonsumsi seng telah meningkatkan indeks massa tubuh, menunjukkan peningkatan kadar trigliserida dan penurunan berat badan. 

    Nah, makanan yang kaya seng adalah makanan laut, kacang polong, dan kacang. Jangan lupa masukan menu dengan bahan makanan ini dalam program diet kamu ya.

    Tag: diet manfaat makanan kesehatan

    Bagikan :