Patung Chris Cornell Diresmikan di Seattle 

Tim Editor

Patung Chris Cornell di Seattle (Twitter @chriscornell)

Seattle, era.id - Patung Chris Cornell diresmikan di Seattle pada Minggu (7/10/2018) untuk mengenang frontman Soundgarden dan Audioslave yang bunuh diri pada 18 Mei 2017 saat ia berusia 52 tahun. Seattle merupakan kampung halaman sang ikon grunge.

Patung berukuran manusia hidup itu dibuat oleh seniman Nick Marras atas ide janda Cornell, Vicky, pada tahun lalu. Dan kini dipamerkan kepada publik di Museum Budaya Pop kota (MoPOP).

"Saya ingin merayakan dan menghormatinya, mengingat kontribusinya terhadap sejarah musik dan karya-karya seni, filantrofi, di kampung halamannya di mana dampak awalnya berasal. Ini adalah kota yang benar-benar unik--patung ini telah mendefinisikannya (Chris)--tetapi juga saya merasa ini seperti mendorongnya untuk menciptakan gerakan yang akan mempengaruhi musik populer selamanya," kata Vicky kepada Seattle Times.

Awalnya, patung ini direncanakan bakal dipublikasikan pada 29 Agustus tapi ditunda agar pengunjung yang lebih banyak bisa diakomodasi dalam acara tersebut. Setelah patung tersebut dipamerkan ke hadapan publik, sebuah pertunjukan Soundgarden di The Wiltren ditayangkan di sebuah layar yang berada di bagian dalam Sky Church MoPOP.

"Sebagai seorang seniman, suami saya bukan hanya salah satu pemilik vokal terindah dalam sejarah musik rock tetapi juga salah satu penyair terbesar dan paling produktif pada masanya, kontribusinya untuk musik melahirkan sebuah gerakan yang akan meninggalkan tanda yang tak terhapuskan pada musik populer selamanya. Sangat masuk akal saya menyumbangkan patung ini ke MoPOP dengan dedikasi mereka pada ide dan pengambilan risiko yang memicu budaya populer kontemporer," tambah Vicky.
 


"Seperti suami saya dan musiknya, MoPOP merangkul penonton multi generasi dan ini adalah tempat sempurna di mana orang jauh dan orang dekat bisa datang bersama bukan hanya untuk mendukung keberadaan museum dan program-programnya tetapi juga merayakan warisan suami saya, bukan hanya di Seattle tapi di seluruh dunia," tandas Vicky.

Sementara itu, direktur artistik  MoPOP Jasen Emmons mengatakan pihaknya merasa terhormat menerima hadiah tersebut dari Vicky dan sudah sewajarnya mereka pun memberikan penghormatan kepada salah satu pemilik vokal hebat dan penting dalam musik populer.

"MoPOP melayani untuk merayakan scene musik Seattle dan tokoh-tokoh yang muncul dari Northwest dan Chris adalah tokoh kunci yang telah membuat dampak abadi pada generasi di seluruh dunia,” ujar Emmons.

Baca Juga : Reuni, Nirvana Semburkan 6 Lagu!

Tag: album musik

Bagikan: