Bapak Android Garap Ponsel Layaknya Film Her

| 12 Oct 2018 09:45
Bapak Android Garap Ponsel Layaknya Film <i>Her</i>
Andy Rubin pencipta OS Android (Essential.com)
Jakarta, era.id - Pencipta sistem operasi Android, Andy Rubin, dikabarkan tengah menggarap ponsel smartphone terbarunya. Kali ini, bapak Android itu sedang bereksperimen dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk jadi 'asisten pribadi' di ponsel.

Mengutip laporan Bloomberg, Kamis (11/10) smartphone yang tengah digarap Andy ini bakal berbeda dengan ponsel yang ada di pasaran. Sang asisten pribadi atau AI yang disematkan pada ponsel itu akan benar-benar mengimitasi kebiasaan pengguna dan kemudian merespons otomatis adanya pesan-pesan yang masuk.

Selain itu ponsel AI tersebut juga dapat membuat dan mengatur agenda pertemuan atas nama pemiliknya, persis seperti asisten pribadi. Sebagaimana lazimnya telepon seluler, perangkat ini tentu juga dapat dioperasikan untuk menelepon.

Menurut sumber dalam, desain smarphone ini akan sangat unik hanya ada layar kecil dan semuanya berbasis perintah suara (voice commands). Mekanisme ini berkat penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mumpuni. 

Bisa dibilang konsepnya seperti perangkat kecil yang ada di film science fiction kawakan berjudul “Her”. Itu loh, perangkat pintar yang menemani Joaquin Phoenix layaknya pacar dan menghilangkan kesepiannya.

 

Andy Rubin sejatinya pernah membahas konsep ini dalam sebuah wawancara tahun lalu. Ia menginginkan ponsel dengan manfaat maksimal bagi pengguna, tetapi tak menciptakan “generasi menunduk”. 

“Jika saya bisa menciptakan ponsel yang merupakan versi virtual dari pengguna, pengguna bisa menikmati hidupnya, tanpa menyentuh ponsel itu sama sekali. Dan pengguna bisa tetap percaya bahwa ponsel itu melakukan banyak hal yang dibutuhkan,” tutur Andy saat itu.

Nah kalau benar ponsel berbasis AI ini tengah dikembangkan, agaknya imajinasi di film "Her" akan menjadi kenyataan. Terlebih Andy akan sekali lagi menantang dominasi Apple dan Samsung yang masih menguasai pasaran smartphone saat ini.

 

Rekomendasi