Dua Ribu Pesepeda ber-'Sepeda Nusantara'

| 15 Oct 2018 08:37
Dua Ribu Pesepeda ber-'Sepeda Nusantara'
Sepeda Nusantara (Sumber: Instagram/@sepedanusantara)
Langkat, era.id - Sebanyak 2.000 peserta mengikuti kegiatan sepeda Nusantara yang diselenggarakan Kemenpora dan Dispora Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dengan mengambil start dari depan Tugu Tengku Amir Hamzah Stabat.

Peserta dilepas oleh Sekretaris Daerah Langkat Indra Salahuddin, di Stabat, Minggu. Kegiatan itu diikuti peserta dari Langkat, Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Tanah Karo, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Batubara.

Indra Salahuddin menyampaikan kepercayaan kepada Pemkab Langkat untuk menjadi salah satu dari dua kabupaten dan Kota terpilih di Sumatera Utara, sebagai tuan rumah Sepeda Nusantara ini.

"Sepeda Nusantara ini untuk membudayakan olahraga di Kabupaten Langkat dengan unsur lima M, yaitu murah, meriah, menarik, masal dan manfaat," kata Indra sebagaimana ditulis Antara, Minggu (14/10).

"Mudah-mudahan bermula dari sepeda santai ini, kedepan kita semua dapat lebih bersemangat melakukan olahraga secara meluas. Sebab dengan berolahraga kita akan turut berpartisifasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa sehat dan badan yang kuat," katanya.

Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Ekonomi Kreatif Jhoni Mardizal pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Langkat dan semua unsur yang terlibat, atas terlaksananya kegiatan Sepeda Nusantara yang sangat sukses dan meriah ini.

"Kami hanya memperkirakan yang hadir 1.000 peserta saja, sebab itu kami hanya membawah 1.000 kaos untuk peserta, ternyata yang hadir lebih dari 2.000 orang. Sangat luar biasa ini," katanya.

"Sepeda Nusantara ini adalah upaya pemerintah untuk mengajak rakyat berolahraga karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, untuk itu terimakasih atas dukungannya," ujarnya.

Ia juga menyampaikan dari 508 Kabupaten dan Kota se-Indonesia, hanya 70 saja yang melaksanakan Sepeda Nusantara, dimana untuk Sumatera Utara hanya Kabupaten Langkat dan Kota Medan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Langkat Manna Wasalwa menyampaikan Sepeda Nusantara selain untuk memeriahkan Hari Oahraga Nasional ke-73, kegiatan ini juga untuk menanggapi Intruksi Presiden Nomor 1/2017 tentang "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat" atau Germas.

"Kegiatan ini bertujuan menggerakan, mengajak, menggelorakan dan menarik masyarakat untuk bergaya hidup sehat melalui aktifitas olahraga bersepeda, serta memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," ungkapnya.

 

Rekomendasi