Salah Satu Pendiri Microsoft Meninggal Dunia

Tim Editor

Salah satu pendiri Microsoft Paul Allen (@Paulallen)

Jakarta, era.id - Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft bersama Bill Gates dikabarkan meninggal dunia pada usia 65 tahun. Ia meninggal setelah mengalami komplikasi penyakit kanker Limfoma non-Hodgkin atau kelenjar getah bening.

"Saudaraku adalah seorang individu yang luar biasa di setiap tingkat. Sementara kebanyakan tahu Paul Allen sebagai teknolog dan filantropis, bagi kami dia adalah seorang saudara dan paman yang sangat dicintai, dan seorang teman yang luar biasa," kata saudara perempuan Allen, Jody, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (16/10/2018).

Allen meninggal hanya dua minggu setelah secara terbuka mengungkapkan bahwa, ia mengidap penyakit kelenjar getah bening. Selama sembilan bulan Allen berjuang melawan kanker tersebut.

Paul lahir pada tahun 1953, di akun Twitter-nya ditampilkan foto dan kutipan singkat tentang dirinya bertuliskan 'Selama kita bekerja bersama-sama - dengan urgensi dan tekad kuat-tidak ada batasan untuk apa yang bisa kita gapai bersama-sama,'.


Sahabat dan rekan kerja Bill Gates

Allen dan Bill Gates telah berteman sejak lama, keduanya bertemu di SMA Lakeside School di Seattle pada tahun 1968. Sama-sama jenius dan gila komputer, keduanya pun menjadi akrab.

Paul Allen dan Bill Gates saat mendirikan Microsoft

Pada tahun 1975, Allen bersama Gates mengembangkan software BASIC untuk komputer desktop Altair 8800. Tak cuma itu, keduanya sepakat mendirikan perusahaan yang menjadi cikal bakal Microsoft.

Di masa-masa awal berdirinya Microsoft, Allen dan Gates kerap bertengkar. Hingga akhirnya Allen meninggalkan Microsoft pada tahun 1983. Hubungan keduanya pun kembali membaik beberapa tahun terakhir.

Ia juga masih memegang saham Microsoft, Allen termasuk orang paling banyak hartanya di dunia. Forbes mengestimasi kekayaannya di kisaran USD 21,7 miliar pada bulan ini.
 


Salah satu orang terkaya di dunia itu juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Allen juga terlibat di berbagai bisnis dan kegiatannya, salah satunya aktif di perusahaan Vulcan Inc dan Charter Communications sebagai chairman.

Aktivitas lain Allen adalah sebagai pemilik tim olahraga. Ia memiliki tim football Seattle Seahawks yang berlaga di National Football League (NFL), Portland Trail Blazers di National Basketball Association (NBA) serta sebagian saham di tim sepakbola Seattle Sounders yang beraksi di Major League Soccer (MLS).

Tag: chipset teknologi 7nm microsoft

Bagikan: