Menua dengan Sehat, Perhatikan Pola Makan di Usia 40 Tahun

| 31 Oct 2018 08:09
Menua dengan Sehat, Perhatikan Pola Makan di Usia 40 Tahun
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Untuk kamu yang saat ini menginjak usia 40 tahun, sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengatur pola hidup sehat, di antaranya dengan memperbaiki pola makan. Hal itu disampaikan profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral Brain Research Insitute University of California, Los Angeles Gary Small. 

"Memasuki usia 40 tahun, kita mulai mengetahui tanda-tanda menua. Misalnya saja, luka tidak cepat pulih, rambut berubah warna, dan sebagainya. Muncul pula penyakit-penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi atau obesitas," kata Gary di Jakarta, seperti dikutip Antara, Selasa (30/10).

Obesitas, kata Gary, menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai di usia 40 tahunan. "Obesitas itu dipicu oleh stres dan pola makan. Dampak buruk dari obesitas adalah mempercepat penurunan fungsi otak dan jantung," ujar Gary.

Oleh karena itu, mereka yang berada pada usia ini harus memerhatikan pola makan yang benar. Konsumsilah minyak ikan. Sebab, minyak ikan ini berkontribusi dalam mengatasi radang dalam tubuh kita. Sehingga kita dapat menua dengan sehat.

Selain itu, saran Gary, penting pula untuk mengonsumsi buah dan sayur. Hal itu karena Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan. Dan antioksidan ini berguna untuk mengatasi stres.

Gary juga mengingatkan dengan tegas, hindari mengonsumsi banyak gula karena hal itu tidak baik bagi kesehatan jantung dan otak.

Tags : kesehatan
Rekomendasi