Mengenal Penyakit Psoriasis dan Pemicunya

| 02 Nov 2018 08:02
Mengenal Penyakit Psoriasis dan Pemicunya
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV menyebutkan ada beberapa faktor pemicu psoriasis. Faktor pemicu tersebut di antaranya adalah stres psikis dan fisik.

Psoriasis adalah penyakit auto-imun yang terjadi akibat sistem imun yang menyerang sel sehat dalam tubuh.

"Ada pula dikarenakan oleh obat-obatan seperti obat darah tinggi atau obat anti nyeri piroxicam. Infeksi tersembunyi juga tidak disadari menjadi penyebab psoriasis. Misalnya, gigi berlubang menjadi tempat berkumpulnya kuman. Dan keputihan juga dapat memunculkan kekambuhan psoriasis," katanya dalam peringatan World Psoriasis Day 2018 di Jakarta, Kamis (2/11).

Ia juga mengingatkan bahwa gaya hidup seperti merokok, mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi atau alkohol juga memicu kambuhnya psoriasis.

"Di dalam sel pasien memang ada sesuatu yang salah. Gen-nya berubah dan tidak seperti orang-orang pada umumnya. Penyakit ini akan hilang timbul," tutur Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI/RSCM itu.

Ciri-ciri psoriasis adalah keadaan merah bersisik tebal dan melebar di sejumlah bagian tubuh yang paling gampang mengalami trauma, seperti pada kulit kepala, siku, lutut, hingga bokong dan kuku.

"Kerusakan kuku banyak yang mengira itu jamur. Tapi, bila diperhatikan itu akan muncul lubang-lubang pada kuku. Dapat disertai bengkak sendi," kata Endi.

Tags : kesehatan
Rekomendasi