Jangan Anggap Enteng Kebiasaan Mencuci Tangan

| 04 Nov 2018 11:05
Jangan Anggap Enteng Kebiasaan Mencuci Tangan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Menjaga tangan tetap bersih adalah salah satu langkah terpenting menghindari penyakit dan menyebarkan kuman ke orang lain. Pasalnya, kebiasaan tidak mencuci tangan dengan baik dengan sabun bisa meningkatkan risiko banyak penyakit dan kondisi kulit. 

Cuci tangan secara teratur terutama sebelum dan sesudah kegiatan tertentu, efektif dalam mencegah kuman seperti bakteri dan virus. Bahayanya, kebiasaan tidak mencuci tangan ini bisa menimbulkan beberapa penyakit lho, berikut penjelasannya seperti dilansir boldsky.com.

1. Flu perut

Flu perut atau gastroenteritis adalah infeksi pada lambung dan usus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri. Penyakit ini disebabkan oleh norovirus, yang menyebar ketika orang tidak mencuci tangan dengan baik. Penyakit ini ditandai dengan diare, kram perut, sakit kepala, nyeri otot atau nyeri sendi. 

Gastroenteritis bisa menyebar melalui kontak jarak dekat dengan orang yang sudah terinfeksi atau melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi virus. Infeksi ini mudah sekali menyebar di fasilitas umum yang tertutup, seperti di dalam ruang kelas, tempat perawatan anak, atau ruang perawatan umum

2. Penyakit udara

Penyakit udara termasuk flu biasa, influenza, meningitis, dan lainnya. Penyakit ini menghasilkan lebih dari satu gejala seperti sakit kepala, kelenjar bengkak, bersin, dan batuk. Karena tangan kamu selalu kontak dengan cairan tubuh selama batuk dan bersin, mencuci tangan secara menyeluruh dapat mencegah penyebaran penyakit. 

3. Infeksi nosokomial

Infeksi ini disebabkan oleh tipe bakteri staph. Infeksi ini menyebar di rumah sakit dan hasilnya ketika staf dan pasien tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Gejala-gejala infeksi ini adalah demam, keluar dari luka, dan terbakar saat buang air kecil.

4. Hepatitis A

Infeksi virus yang sering menyebar melalui makanan yang telah terkontaminasi oleh orang yang mempersiapkannya. Hepatitis A adalah infeksi hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Virus ini merupakan salah satu dari beberapa jenis virus hepatitis yang menyebabkan peradangan dan memengaruhi kemampuan hati untuk berfungsi.

Tags : kesehatan
Rekomendasi