Makanan Ini Efektif Buang Racun di Tubuh Akibat Rokok

| 01 Jan 2020 10:03
Makanan Ini Efektif Buang Racun di Tubuh Akibat Rokok
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Untuk kamu yang masih candu dengan kebiasaan merokok, baiknya mulai berhenti. Sebab merokok bisa memicu lahirnya beberapa penyakit, seperti kanker paru-paru. Tapi tentu tidak mudah begitu saja meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Kalau kamu mau berhenti merokok, kalian bisa nyobain beberapa alternatif. Misalnya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang efektif membuang racun di tubuh akibat merokok. Enggak perlu mengeluarkan budget besar tapi manfaatnya sangat terasa. Berikut penjelasannya, seperti dikutip paragram.id.

1. Bawang putih

 

1. Bawang putihBawang Putih (feminiza.com)

Makanan-makanan yang efektif membuang racun di tubuh akibat merokok salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih bisa bertindak sebagai antibiotik kuat dan ngebantu banget untuk mengatasi infeksi pernapasan. Terutama yang bikin paru-paru tersumbat.

Makanan sehat ini bisa ngebantu juga mengurangi peradangan. Bisa juga untuk mengurangi gejala asma dan risiko kanker paru-paru. 

2. Jahe

2. JaheJahe (lifestyle.mb.com.ph)

Jahe bisa membantu kalian mengeluarkan racun dari saluran pernapasan. Jahe juga punya kandungan vitamin dan mineral seperti kalium, magnesium, beta-caroten, hingga zinc.

Jahe yang diekstrak bisa membunuh sel kanker paru-paru bila dikonsumsi. Karena jahe bisa ditambahin jadi bumbu masakan atau minuman, tinggal campur ke teh, atau makanan lainnya. 

3. Kunyit

3. KunyitKunyit (blogpinali.wordpress.com)

Kunyit adalah jenis rempah yang berwarna kuning cerah. Bahan makanan ini dipercaya bisa membakar lemak tubuh, efektif pula. Uji cobanya pernah dilakukan dalam sebuah penelitian melalui seekor tikus.

Tikus itu dikasih curcumin, bahan aktifnya si kunyit. Ternyata, si tikus pun lebih banyak kehilangan lemak. Kegunaan lainnya adalah membuang racun dari tubuh si perokok aktif. Pokoknya, kunyit bisa ngebantu membersihkan paru-paru berkat sifat anti-peradangan dalam kandungannya.

4. Apel

4. ApelApel (groceries.morrisons.com)

Siapa lagi yang enggak tahu buah ini? Ini buah sakti mandraguna yang enggak cuman enak dikonsumsi. Tapi sehat juga ternyata. Apel bisa membuat kita terhindar dari bahaya kanker juga. Kandungan flavonoid, vitamin C, dan antioksidannya bisa memerangi penyakit paru-paru secara efektif. 

5. Teh hijau

5. Teh hijauTeh hijau (healthline.com)

Nah ini, minuman yang mengandung antioksidan kuat. Teh hijau juga bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Teh hijau bisa mengurangi, atau menghilangkan pula, cairan dari paru-paru. Herbal dari teh hijau akan membantu melonggarkan lendir dari lapisan paru-paru, karena bersifat antimikroba.

Tags : kesehatan
Rekomendasi