Hati-hati Menyentuh Benda ini di Rumah Sakit

| 19 Nov 2018 08:44
Hati-hati Menyentuh Benda ini di Rumah Sakit
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Ternyata, rumah sakit tidak sebersih yang dibayangkan. Ada beberapa bagian di rumah sakit yang malah dihinggapi kuman. Karena itu, kalau kamu di rumah sakit, kamu disarankan untuk sering-sering mencuci tangan, atau pakai hand sanitizer yang disediakan di sana.

Dilansir dari The Times of India, Senin (19/11/2018), ada sejumlah benda di rumah sakit yang ternyata jadi sarang kuman.

1. Tombol lift

Karena lift rumah sakit cukup besar untuk membawa pasien dari satu lantai ke lantai lain, kuman dan bakteri yang berasal dari tangan pasien, dokter dan perawat bisa mengendap pada tombol lift. Apalagi, tombol lift tidak benar-benar dibersihkan atau didesinfeksi oleh staf rumah sakit setiap hari. 

Karenanya, pada saat kamu masuk ke lift, ingatlah untuk menggunakan tisu atau serbet untuk menekan tombol dan kemudian membuangnya atau lebih baik menggunakan hand sanitizer setelah kamu keluar dari rumah sakit.

2. Gagang pintu

Sebuah studi baru-baru ini mendeteksi kontaminasi bakteri yang tinggi dari benda-benda yang sering disentuh seperti gagang pintu. Apalagi, gagang pintu rumah sakit sering dipegang oleh perawat, petugas layanan kesehatan, pasien dan dokter yang keluar masuk ruangan. Karena itu, sebaiknya kamu mencuci tangan setelah keluar dari ruangan mana pun.

3. Sandaran tangan pada kursi

Kamu perlu hati-hati dengan sandaran tangan pada kursi. Bagaian ini memang sering dipegang siapapun yang sedang duduk. Karena itu kamu harus waspada. Jika Anda bingung, penelitian terbaru menunjukkan bahwa furnitur di rumah sakit bisa jadi sarang bakteri yang resisten antibiotik.

4. Tiang infus

Tiang infus ini biasa menggantungkan botol infus. Ini bisa saja jadi tempat penyebaran mikroba patogen. Apalagi, tiang ini sering dipegang oleh siapapun, baik perawat, dokter dan pasien. Karena itu, pastikan anda mencuci tangan ketika menyentuh benda ini.

5. Keran

Keran jadi yang paling penting di rumah sakit. Soalnya, ini biasa digunakan untuk mencuci tangan. Nah, tentunya juga, keran jadi barang yang paling sering disentuh siapapun di rumah sakit. Jadi, supaya lebih higienis, kamu bisa menggunakan handuk saat membuka atau menutup keran.

6. Sandaran tempat tidur pasien

Rel tempat tidur sering disentuh oleh dokter, pasien dan petugas kesehatan. Jadi, menjadi wajar kalau tempat itu jadi sangat germy.  Apalagi, bagian ini tidak dibersihkan secara teratur. Jadi, kalau kamu menyentuh ini, jangan lupa untuk membersihkan tangan.

Rekomendasi